Saturday, May 10, 2014

Wakil Presiden RI Kunjungi stand LIPI dalam Asia Pasific Security and Defense Expo (APSDEX) 2014

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), turut berpartisipasi dalam Asia Pacific Security and Defence Expo (APSDEX) 2014 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC),  Senayan – Jakarta, pada hari Rabu dan Kamis tanggal 19-20 Maret 2014. Salah satu satuan kerja LIPI yang ikut berpartisipasi adalah Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (P2 Telimek) LIPI dengan menampilkan materi Mobile Robot LIPI (MoroLIPI) versi 2.

APSDEX 2014 merupakan ajang pertemuan industri pertahanan dan keamanan di kawasan asia-pasifik yang dikemas dalam bentuk pameran. Pameran APSDEX 2014 diikuti oleh sejumlah pelaku industri peralatan pertahanan dan keamanan baik dalam negeri maupun luar negeri. Tema APSDEX pada tahun 2014 ini adalah membangun kolaborasi maritim untuk keamanan dan stabilitas di negara-negara di Asia-Pasifik. Selain ajang pameran, pada kesempatan ini diadakan juga forum Jakarta International Defense Dialogue (JIDD) yang merupakan kegiatan dari Kementerian Pertahanan RI dengan mengundang beberapa delegasi ataupun atase militer negara sahabat.

Pameran APSDEX 2014 dan Jakarta International Defense Dialogue (JIDD) dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI, Prof. Dr. Boediono. Turut hadir dalam acara pembukaan yaitu Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko dan Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio, serta sejumlah pejabat TNI. Selain undangan pejabat dari dalam negeri, turut hadir pula 5 (lima) Menteri Pertahanan dari Australia, Bangladesh, Belanda, Papua Nugini, dan Republik Timor Leste. Selain 5 (lima) Menteri Pertahanan dari negara tetangga turut hadir juga 4 (empat) Panglima Angkatan Bersenjata dari Australia, Papua Nugini, Sri Langka, dan Timor Leste.

Pada kesempatan pameran APSDEX 2014 ini, Wakil Presiden RI, Prof. Dr. Boediono berkesempatan untuk meninjau beberapa stand peserta pameran. Stand LIPI mendapat kehormatan dikunjungi oleh Wakil Presiden beserta rombongannya. Dalam kesempatan ini Prof. Dr. Boediono mengajukan beberapa pertanyaan mengenai salahsatu materi pameran yang ditampilkan oleh LIPI, yaitu MoroLIPI v.2. MoroLIPI v.2 merupakan prototip robot penjinak bom generasi terbaru hasil karya anak bangsa dengan desain yang lebih kompak dan ringan dibanding generasi sebelumnya. Robot ini dapat bergerak lebih lincah, dilengkapi dengan empat buah flipper yang dapat bergerak secara independent sehingga memudahkan pergerakan robot ketika menaiki medan menanjak. Robot ini mampu melewati medan dengan rintangan kemiringan hingga 45 derajat. Selain MoroLIPI v.2, LIPI menampilkan juga teknologi BandrOs, Steganografi, Telephone Scrambler, Radar Isra, Serbuk Sidik Jari, Banyumili dan Prototipe RTU Multisensor untuk mercusuar di pulau kecil. (Arief/Jasa&Informasi).



View the Original article

No comments:

Post a Comment