Thursday, May 22, 2014

Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pancasakti Tegal berkunjung Ke Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik – LIPI

Sebanyak 65 (enam puluh lima) mahasiswa jurusan Teknik Mesin Universitas Pancasakti Tegal berkunjung ke Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI. Kunjungan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 22 Mei 2014, pukul 09.00 WIB, dan didampingi oleh 4 (empat) orang dosen pendamping. Kunjungan ini memiliki maksud dan tujuan sebagai sarana pembelajaran lapangan, mahasiswa tidak hanya terfokus pada pengenalan teori di bangku kuliah.

Universitas Pancasakti Tegal sebelumnya pernah berkunjung ke Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI namun kunjungan kali ini berbeda dari sebelumnya. Tempat penerimaan kunjungan  kali ini tidak di Ruang Seminar Besar Kampus LIPI Bandung, karena tempat tersebut sedang dipergunakan Puslit lain. Untuk kunjungan kali ini diterima di Ruang Serbaguna Kampus LIPI Bandung, Gedung 10 Lt. 1. Kunjungan diterima secara resmi oleh Sub Bagian Jasa dan Informasi Puslit Telimek – LIPI pada pukul 09.00 WIB, dan sekaligus dibuka secara resmi oleh Kepala Sub Bagian Jasa dan Informasi Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik – LIPI, Dadan Ridwan Saleh ST., MT., Dalam sambutannya Dadan Ridwan Saleh ST., MT., menyampaikan ucapan selamat datang di Puslit Telimek LIPI serta permohonan maaf terkait sambutan yang kurang memadai karena keterbatasan sarana dan prasana yang ada. Dalam sambutannya Dadan Ridwan Saleh, ST., MT., memberikan sekilas penjelasan tentang tugas pokok dan fungsi lembaga. Selain memaparkan tupoksi lembaga, disampaikan juga bahwa puslit Telimek LIPI membuka kesempatan bagi para mahasiswa dan dosen untuk mendapatkan layanan jasa bimibingan teknis, baik itu untuk bimbingan skripsi ataupun thesis. Perwakilan Dosen dari Jurusan Teknik Mesin Universitas Pancasakti Tegal, Achmad Faridz, ST., MT., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Puslit Telimek – LIPI atas ijin kunjungan kepada Universitas Pancasakti Tegal, beliau sangat antusias terhadap tawaran Puslit Telimek – LIPI mengenai bimbingan teknis bagi mahasiswa dan dosen.

Sebelum sesi presentasi dilakukan, kedua belash pihak bertukar cenderamatadan dilanjutkan dengan presentasi mengenai Profil Puslit Telimek – LIPI yang disampaikan oleh Mustari Tisna Amidjaya, A.Md., Pranata Humas Penyelia di Puslit Telimek – LIPI dan ditampilkan juga tayangan video mengenai hasil-hasil penelitian Puslit Telimek – LIPI. Sebelum acara ditutup, terlebih dahulu dilakukan foto bersama.

Kunjungan lapangan dilakukan ke 5 Laboratorium dan Workshop yang ada di Puslit Telimek – LIPI, diantaranya yaitu ke Laboratorium dan Workshop Motor Bakar, Laboratorium dan Workshop Permesinan, Laboratorium dan Workshop Bioelektrik, Laboratorium dan Workshop Elektronika Daya dan Mesin Listrik serta ke Laboratorium dan Workshop Mobil Listrik. Kesempatan bertanya dibuka selebar-lebarnya dalam sesi kunjungan lapangan ini. Para Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pancasakti Tegal ini memberikan respon positif dalam sesi kunjungan lapangan ini, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan terutama di Laboratorium dan Workshop Mobil Listrik, Laboratorium dan Workshop Motor Bakar serta Laboratorium dan Workshop ELDA. (Arief/Jasa&Informasi).



View the Original article

No comments:

Post a Comment