Saturday, May 10, 2014

Rapat Kerja Implementatif Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI Tahun 2014

Rapat Kerja Implementatif Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik – LIPI tahun 2014 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, raker tahun ini dilakukan selama 3(tiga) hari dan di dua tempat berbeda, yaitu di Bandung dan Pangandaran, Jawa Barat. Hari pertama rapat dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 15 April 2014 di Ruang Seminar Gedung 10 Lantai 3 Kampus LIPI Bandung, sedangkan hari kedua dan ketiga dilaksanakan di Hotel Mustika Ratu, Pangandaran – Jawa Barat. Rapat Kerja Implementatif P2 Telimek LIPI Tahun 2014 bertema “Penguatan Program Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik untuk Mendukung Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia menjadi Lembaga Litbang Berkelas Dunia”. Kegiatan Rapat Kerja Implementatif pada tingkat satuan kerja merupakan agenda rutin setiap tahun dalam rangka evaluasi, pengukuran kinerja, perencanaan dan penyusunan program kerja.

Rapat Kerja Implementatif P2 Telimek LIPI Tahun 2014 diikuti oleh Deputi Bidang Ilmu Pengetahun Teknik LIPI yang diwakili oleh Dr. Ir. Bogie Soedjatmiko Eko Tjahjono M.Sc, Kepala P2 Telimek, para Pejabat Struktural, para Pejabat Fungsional, Tim Perencanaan, Monitoring, dan Evaluasi (PME) P2 Telimek dan seluruh pegawai P2 Telimek. Rapat Kerja Implementatif P2 Telimek LIPI Tahun 2014 bertujuan untuk menindaklanjuti dan mengevaluasi kemajuan hasil-hasil atau rekomendasi Rapat Kerja Implementatif P2 Telimek LIPI tahun 2013, menyampaikan tindak lanjut hasil Rapat Kerja LIPI dan Rapat Kerja Koordinatif Kedeputian Bidang IPT LIPI, menyusun strategi implementasi untuk peningkatan kinerja, meningkatkan upaya pemasyarakatan hasil litbang, serta mengawal dan mengevaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi yang telah dan sedang dilaksanakan. Rapat Kerja Implementatif P2 Telimek LIPI Tahun 2014 sebelumnya diawali dari rangkaian kegiatan pra raker yang dilaksanakan sejak tanggal 11 Maret 2014 sampai dengan tanggal 28 Maret 2014 di Ruang Rapat P2 Telimek Gd. 20 Lantai 2. Dalam rapat kerja implementatif P2 Telimek LIPI Tahun 2014 ini terdapat 3(tiga) komisi yang dibentuk dalam pra raker yang terdiri dari : Komisi 1 Bidang Program Strategis, Komisi 2 Bidang Networking dan Pemanfaatan hasil penelitian dan Komisi 3 Bidang Reformasi Birokrasi (Tata Kelola Organisasi).

Hari pertama pelaksanaan rapat kerja implementatif P2 Telimek LIPI Tahun 2014 diawali dengan penyampaian laporan oleh Kristian Ismail, ST., MT., selaku ketua panitia pelaksana raker P2 Telimek LIPI tahun 2014, dilanjutkan dengan sambutan dan presentasi dari Plt. Kepala Puslit Telimek LIPI, Dr. Eng. Budi Prawara, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dr. Ir. Bogie Soedjatmiko Eko Tjahjono M.Sc, Kepala Pusat Penelitian Informatika – LIPI yang mewakili Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, yang selanjutnya membuka acara raker secara resmi. Turut diundang tamu dari Dislitbang TNI AD, serta dari PT. Fin Komodo Teknologi. Brigjen Rudiono Edi selaku Kepala Dislitbang TNI AD menyampaikan presentasi mengenai kebutuhan alat utama sistem pertahanan (Alutsista). TNI memerlukan mitra sinergi dalam memenuhi kebutuhan Alutsista secara mandiri dan berkelanjutan. Kepala Dislitbang TNI AD berharap dengan pertemuan dalam acara raker ini dapat terjalin kerjasama antara lembaga riset dengan Dislitbang TNI AD. Presentasi selanjutnya yaitu dari CEO PT. Fin Komodo Teknologi, Ir. H. Ibnu Susilo yang memaparkan tentang rekayasa platform kendaraan. Setelah kedua tamu presentasi, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Raker hari pertama diakhiri dengan doa penutup dan santap siang.

Hari kedua pelaksanaan rapat kerja implementatif P2 Telimek LIPI Tahun 2014 dilaksanakan di Hotel Mustika Ratu, Pangandaran – Jawa Barat. Acara diawali dengan penyampaian laporan oleh Kristian Ismail, ST., MT., dan dilanjutkan dengan presentasi Plt. Kepala Puslit Telimek LIPI, Dr. Eng. Budi Prawara, mengenai profil Puslit Telimek – LIPI. Presentasi ini dimaksudkan sebagai perkenalan lembaga kepada para undangan dari Dewan Presidium Pemekaran Kabupaten Pangandaran. Hadir dalam Raker hari ke dua di Pangandaran adalah para anggota Dewan Presidium Pemekaran Kabupaten Pangandaran, diantaranya adalah Drs. Jamian Soleh, H. Iyos, dan Ir. Dedi Ratnadi. Ketua Dewan Presidium Pemekaran Kabupaten Pangandaran, H. Supratman BSc., SAP berhalangan hadir dalam pertemuan ini, sehingga pembicara digantikan oleh Drs. Jamian Soleh. Drs. Jamian Soleh menerangkan gambaran umum, karakteristik serta potensi yang dimiliki Kabupaten Pangandaran. Potensi teknik yang dimiliki Kabupaten Pangandaran diantaranya yaitu ombak di sepanjang pantai pangandaran yang belum dimanfaatkan, potensi angin untuk pembangkit listrik tenaga angin di dataran tinggi Cinta Ratu, potensi pengelolaan limbah ternak di Desa Kalijati, belum tersedianya pabrik es untuk para nelayan, kendaraan listrik untuk menunjang sektor pariwisata, dan lain sebagainya. Potensi-potensi tersebut diharapkan oleh Dewan Presidium Pemekaran Kabupaten Pangandaran dapat menjadi objek kerjasama antara Kabupaten Pangandaran dengan Puslit Telimek – LIPI. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan draft rumusan raker oleh anggota tim perumus Ir. Agus Salim, sesi tanya jawab, dan perbaikan draft Rumusan Raker. Acara Raker hari kedua ditutup dengan makan siang bersama tamu undangan.

Hari ketiga raker diagendakan berupa pengesahan rumusan hasil raker dan permainan. Acara raker ditutup oleh Dr. Eng. Budi Prawara selaku Plt. Kepala Puslit Telimek – LIPI pada hari Kamis, tanggal 17 April 2014 pukul 12.30 WIB. (Arief/Jasa&Informasi).



View the Original article

No comments:

Post a Comment