Saturday, May 10, 2014

Ristek-Kalbe Science Award 2014

| Print |

Pada Hari Selasa (11/2/2014) Kementrian Riset dan Teknologi bekerjasama dengan PT Kalbe Farma Tbk dan Tempo menyelenggarakan kick off Ristek-Kalbe Science Award (RKSA) 2014 di Gedung BPPT Jakarta.  Acara 2 tahunan ini merupakan kegiatan ke-4 semenjak tahun 2008.  Pada tahun 2014 tema RKSA adalah inovasi untuk kehidupan yang lebih baik.  Acara ini didedikasikan untuk menyemarakkan budaya ilmiah di Indonesia.

Pada tahun 2014, RKSA akan menganugerahkan penghargaan kepada best young scientist dan best research.  Bidang kajian meliputi Bahan obat/sediaan obat (bioteknologi, kimia medisinal, kimia bahan alam/teknologi farmasi),

diagnostik dan metode pengobatan, dan pangan fungsional. Menteri Riset dan Teknologi Prof. Dr Ir. Gusti Muhammad Hatta menekan tombol sirine sebagai tanda dibukanya pendaftaran dan penerimaan berkas calon yang dinominasikan oleh institusinya.  Pendaftaran akan ditutup tanggal 26 Juni 2014.

 kalbe


Pada acara kick off tersebut Menteri Riset dan Teknologi berjanji bahwa selain mendapatkan hadiah dari panitia, maka pemenang best research akan mendapatkan hak istimewa untuk memperoleh insentif riset nasional (Insinas). Selanjutnya itu Menristek juga menyatakan bahwa pada tahun 2014 Kemenristek mengalokasikan dana untuk meningkatkan kapasitas peneliti melalui program pemagangan di luar negeri.  Ketika ditanya soal kepemilikan HaKI dari best research, Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk Irawati Setiady mengatakan bahwa HaKI dari penelitian milik peneliti dan jika berpotensi untuk dikembangkan dan dikomersialisasikan tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada kerjasama lebih lanjut antara institusi peneliti dengan PT Kalbe Farma Tbk.  Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatangan perjanjian kerjasama antara Kementrian Riset dan Teknologi dengan PT Kalbe Farma Tbk.  Informasi lebih lanjut tentang RKSA ini dapat dilihat dan diunduh dari www.kalbescienceawards.com  atau www.ristek.go.id.

Oleh : Syamsidah Rahmawati



View the Original article

No comments:

Post a Comment