Saturday, May 24, 2014

PEMPROV SUMUT TERTARIK APLIKASIKAN HASIL-HASIL RISET LIPI

Pemprov Sumut Tertarik Aplikasikan Hasil-Hasil Riset LIPI
Sabtu, 24 Mei 2014

(Medan Humas LIPI). Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi berbagai hasil penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang tersaji dalam gelaran pameran bertajuk "Pekan Inovasi Sumatera Utara Ke-2 Tahun 2014" pada 21 -25 Mei 2014.

Pihak Pemprov pun tertarik untuk mengaplikasikan sejumlah riset LIPI yang cocok di wilayah Sumatera Utara. Kami tertarik tentang microalgae yang bisa untuk bahan baku obat, kosmetik, dan lainnya. Mungkin ini bisa dikembangkan di sini (Sumut), ungkap Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho tatkala mengunjungi stand pameran LIPI, Rabu (21/5) lalu, di Kompleks Gedung Serba Guna Medan Sumut.

Tak hanya itu, Gatot juga tertarik berbagai hasil riset LIPI yang berkaitan dengan kelapa sawit. Sebab, salah satu potensi di Sumut adalah perkebunan kelapa sawit.

Dr. Sasa Sofyan Munawar, Peneliti Pusat Inovasi LIPI menyambut baik antusiasme gubernur tersebut dan pihaknya siap memfasilitasi kerja sama antara kedua pihak. Kami akan menindaklanjutinya dengan pertemuan antara LIPI dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbangda) Pemprov Sumut, tandasnya.

Dikatakan Sasa, LIPI sendiri selama ini telah menjalin kerja sama bidang riset dengan berbagai pemerintah daerah di kawasan Pulau Sumatera, seperti Pemprov Riau, Bengkulu dan sebagainya.

Pameran Tahunan

Sementara itu, Ketua Panitia Pekan Inovasi Sumut sekaligus Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) Sumut Purnama Dewi menuturkan, Pekan Inovasi kali ini merupakan ajang pameran tahunan yang digelar untuk kedua kalinya.

Hampir 100 pesera selain LIPI, ikut di ajang tahunan itu, diantaranya 19 SKPD Pemprov Sumut, sejumlah SKPD kabupaten/kota di Sumut dan Sumbar, Jateng, NTB dan Denpasar, sejumlah Kementerian dan institusi BUMN seperti PGN, SKK Migas, perguruan tinggi seperti USU, Unimed, Politeknik Del Tobasa, UMA, IT&B, STIPAP, jelasnya.

Penyelenggara kegiatan tersebut adalah BPMP Sumut bekerja sama dengan PT Chamiko Loyalindo. LIPI sendiri mengisi kegiatan ini dengan mempertemukan antara peneliti, pihak industri dan pemerintah daerah atau institusi lainnya dalam menjajaki potensi kerja sama pemanfaatan hasil penelitian LIPI.

Dalam pameran itu, LIPI menampilkan beragam hasil risetnya. Sebut saja, di antaranya budidaya microalgae, jati platinum, lemofit, ubi kayu mentega lokal kaya bekaroten dan protein, apartemen udang galah, tepung cassava, super sorghum, tensilat (obat tradisional penurun hipertensi), buku-buku ilmu sosial dan keanekaragaman hayati, serta berbagai booklet maupun leaflet tentang LIPI. (pw)



» Arsip
» Diakses : 41 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment