Saturday, May 10, 2014

Siswa Siswi SMPIT Al-Haraki Kunjungi Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik – LIPI

Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al-Haraki Depok yang berjumlah 60 (enam puluh) orang mengunjungi Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI pada hari Jumat, tanggal 28 Maret 2014, pukul 10.00 WIB. Para Siswa-siswi SMPIT Al-Haraki ini didampingi oleh lima orang guru pembimbing. Tujuan utama dari acara kunjungan ini adalah “Field Lab” (praktek lapangan), para siswa diharapkan dapat mempelajari secara langsung mengenai teknologi tenaga listrik dan mekatronik, khususnya mobil listrik. Kunjungan diterima secara resmi oleh Sub Bagian Jasa dan Informasi Puslit Telimek pada pukul 10.30 WIB.

Kepala Subbagian Jasa dan Informasi Puslit Telimek – LIPI, Dadan Ridwan Saleh, ST., MT., menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh siswa dan guru pembimbing serta menyampaikan permohonan maaf dari Kepala Puslit Telimek yang tidak bisa ikut menyambut kunjungan. Dadan Ridwan Saleh, ST., MT., mempersilahkan para siswa dan guru pembimbing untuk bertanya sebanyak mungkin mengenai bidang-bidang yang ada di Puslit Telimek – LIPI. Kunjungan kali ini berbeda dari kunjungan sebelumnya, karena waktu yang terbatas, hanya dilakukan sambutan dari kedua belah pihak, tidak ada presentasi mengenai profil puslit dan diakhiri dengan kunjungan langsung ke Laboratorium dan Workshop yang ada di Puslit Telimek, sesi tanya jawab dilakukan secara langsung di Laboratorium dan Workshop.

Sambutan dari SMPIT Al-Haraki disampaikan oleh Siti Maidona, S.Si.,selaku penanggung jawab kegiatan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Puslit Telimek atas ijin kunjungan yang diberikan dan berharap dari kegiatan ini para siswa terbuka wawasannya dan memiliki ketertarikan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) khususnya mengenai teknologi tenaga listrik dan mekatronik. Setelah sambutan dari perwakilan SMPIT Al-Haraki, tidak dilakukan presentasi mengenai profil puslit, namun langsung dilanjutkan dengan tukar cenderamata serta foto bersama. Hal ini dilakukan mengingat waktu yang tidak memungkinkan, karena yang paling utama dari acara kunjungan ini adalah melihat secara langsung workshop serta laboratorium yang ada di Puslit Telimek – LIPI.

Jumlah siswa dan siswi dalam kunjungan kali ini sebanyak 60 (enam puluh) siswa siswi, sehingga kunjungan lapangan secara teknis dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok para siswa yang didampingi oleh satu orang pendamping lapangan dan kelompok kedua adalah kelompok para siswi yang didampingi juga oleh satu orang pendamping. Ketertarikan serta minat siswa dan siswi terlihat dari banyaknya pertanyaan mengenai teknologi MoroLIPI, teknologi biogas serta bioelektrik dan teknologi mobil listrik. Laboratorium dan Workshop yang dikunjungi oleh siswa dan siswi SMPIT Al-Haraki ini adalah Laboratorium dan Workshop MoroLIPI di bidang mekatronik, Workshop Biogas dan Bioelektrik, Laboratorium dan workshop permesinan dan yang terakhir adalah Laboratorium dan Workshop mobil listrik yang berada di bawah bidang peralatan transportasi. (Arief/Jasa&Informasi).



View the Original article

No comments:

Post a Comment