Saturday, May 10, 2014

Ujicoba dan Sosialisasi Mobil Listrik Indonesia di Silang Monas Jakarta

Kementerian Negara Riset dan Teknologi (Kemenristek) melaksanakan ujicoba dan sosialisasi  mobil listrik di Kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta pada hari minggu, tanggal 22 Desember 2013. Sebelumnya telah dilakukan ujicoba dan sosialisasi mobil listrik di berbagai kota besar di Indonesia, diantaranya Surabaya, Solo, Jogjakarta, Bandung, dan berakhir di Jakarta. Di Jakarta merupakan ujicoba dan sosialisasi penutup, merupakan kegiatan penutup Kementerian Negara Riset dan Teknologi dalam rangka ujicoba dan sosialisasi mobil listrik dengan diadakannya acara puncak berupa “Pesta Rakyat : Teknologi Kendaraan Listrik”.

Hadir dalam perhelatan tersebut Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta, beberapa Kepala LPND dan LPNK di bawah koordinasi Kemenristek RI, dan perwakilan Komisi VII DPR RI. Acara dimulai dengan pagelaran tarian budaya “Jali-Jali” dan topeng betawi serta sambutan selamat datang dari Gubernur DKI Jakarta kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta. Setelah memberikan sambutan, Menristek memberikan penghargaan khusus kepada insan kendaraan listrik dengan tiga kategori, yaitu kategori peneliti dan perekayasa, kategori pelaku bisnis (swasta), dan kategori masyarakat. Dalam rangkaian kegiatan tersebut terdapat 3 (tiga) ikon kendaraan listrik, diantaranya mobil sport listrik “selo” dari rumah produksi Kupu-Kupu Malam Jogjakarta, mobil listrik jenis MPV dari rumah produksi Dasep Ahmadi dan mobil sedan listrik “Hevina” yang diproduksi oleh Puslit Telimek – LIPI. Setiap perwakilan rumah produksi mobil listrik tersebut memaparkan berbagai keunggulan serta fitur-fitur unggulan yang ada di mobil listrik hasil produksi mereka. Selain ketiga mobil listrik dengan ukuran kecil, terdapat juga beberapa kendaraan listrik dengan ukuran lebih besar berupa bus listrik hasil karya dalam negeri.

Rangkaian acara selesai pada pukul 10.30 WIB dan tiba saatnya konvoi kendaraan listrik dengan rute tempuh Silang Monas – Patung Tani – Jln. Medan Merdeka Selatan – Jln. M.H. Thamrin – Bundaran HI dan berakhir di Kantor BPPT di Jln. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat. Secara khusus Menristek mengendarai  mobil sedan listrik “Hevina” yang diproduksi oleh Puslit Telimek – LIPI. Mobil sedan listrik “Hevina” ini rencananya akan menjadi salah satu kendaraan dinas Menristek dengan plat nomor kendaraan RI 35. (Arief/Jasa&Informasi).



View the Original article

No comments:

Post a Comment