Saturday, May 10, 2014

Sosialisasi BPJS

| Print |

BP (Balai Pengobatan) Widya Selaras bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Cibinong telah menyelenggarakan sosialisasi BPJS tanggal 11 Februari 2013. Pembicaranya adalah Manager BPJS Kesehatan Cabang Cibinong dan dr. Ela Novianti dari BP Widya Selaras LIPI. Sedanglan moderator acara ini Drs. Djadjat Tisnadjaja, M.Tech.

Acara diselenggarakan di gedung Auditorium dihadiri oleh seluruh pegawai Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI. Agendanya antara lain kepesertaan BPJS Kesehatan yang beralih dari Askes, iuran kepesertaan BPJS Kesehatan, manfaat jaminan kesehatan, koordinasi manfaat, fasilitas kesehatan, dan komparasi Askes dan BPJS Kesehatan.

Ada beberapa fasilitas kesehatan yang bisa digunakan terutama yang berdekatan dengan CSC-LIPI, seperti RSIA Assalam yang berlokasi di Jl. Raya Bogor-Jakarta, RSIA Annisa yang bertempat di Jl. Raya Karanggan, RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, Rumah Sakit Medika Dramaga, Rumah Sakit Mary Cileungsi Hijau dan Rumah Sakit Citama.

Manager BPJS Kesehatan Cabang Cibinong, Ibu Rani mengatakan untuk keluhan dan informasi mengenai BPJS Kesehatan dapat menghubungi langsung Halo BPJS dengan nomor telepon 500 400 atau Halo KEMENKES dinomor 500567, Hotline Service dengan nomor contact 0812 8582703, Kantor Cabang BPJS Kesehatan : (0251) 8356538, BPJS Center yang terdapat pada setiap rumah sakit provider BPJS Kesehatan, kemudian dapat pula dengan mengunjungi website : www.bpjs-kesehatan.go.id dan melalui email : kc-bogor@bpjs-kesehatan.go.id

Beberapa pelayanan kesehatan yang tidak dijamin oleh BPJS Kesehatan diantaranya yaitu gangguan kesehatan akibat sengaja menyakiti diri sendiri, atau akibat melakukan hobi. Adapun alur pelayanan kesehatan BPJS Kesehatan yaitu dimulai dari peserta, berlanjut ke Faskes primer kemudian dirujuk ke Rumah Sakit.

Pengurusan penggantian kartu peserta BPJS yang beralih dari peserta Askes dapat menghubungi BP Widya Selaras. Drs. Djadjat Tisnadjaja, M.Tech menginformasikan bahwa bagi yang sudah memiliki kartu ASKES tetap diperlukan untuk membuat kartu BPJS. Pada kartu yang baru tersebut akan dicantumkan NIK dan Faskes tingkat pertamanya seperti data diri atau tepatnya kartu ASKES yang kuning tersebut akan diganti dengan kartu BPJS. (Avi Fibry Octavina-Humas)



View the Original article

No comments:

Post a Comment