Saturday, May 10, 2014

RAKOR Antar Pustakawan LIPI se-Bogor, Cibodas dan Jakarta

| Print |

Rabu, 12 Februari 2014 telah diselenggarakan Rakor Antar Pustakawan LIPI se-Bogor, Cibodas dan Jakarta Puslit Bioteknologi LIPI. Acara rakor ini dihadiri Pustakawan dari Puslit Biologi LIPI (6 orang) PDII LIPI (2 orang), Puslit Limnologi LIPI (1 orang), Pusbindiklat Peneliti LIPI (1 orang), PKT Kebun Raya Bogor LIPI (2 orang ), dan UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas LIPI (1 orang), juga dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Jabatan Fungsional Non Peneliti - BOK LIPI serta 1 orang Pranata Humas dari Puslit Bioteknologi LIPI sebagai MC. Jadi acara Rakor Pustakawan ini dihadiri oleh 9 satker dilingkungan kedeputian IPH LIPI.

Dr. Syamsidah Rahmawati sebagai Kasubag Kerjasama dan Jasa yang mewakili Kepala Bagian Tata Usaha Puslit Bioteknologi LIPI memberikan sambutannya. Menurutnya, pertemuan ini merupakan sarana dalam sharing tukar ilmu terutama dalam melaksanakan pelayanan informasi di LIPI, serta merupakan ajang diseminasi informasi hasil penelitian LIPI. Selain itu, dengan pertemuan semacam ini diharapkan menjadi sarana diskusi strategis meningkatkan keterbacaan dan pemanfaatan informasi LIPI.

Seleah itu, acara dilanjutkan dengan penyajian makalah yang dipaparkan oleh 2 orang pemakalah, Ludya Arica Bakti, M.Hum dengan judul makalah “Kajian Literasi Informasi Peneliti : Studi Kasus Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI” dan Sdr. Suherman, S.AP. dengan judul Kajian Paket Inforfmasi "Biotek dalam Berita"

memaparkan definisi Literasi Informasi yang salah satunya dapat didefinisikan sebagai kemampuan seseorang, antara lain dalam menentukan sejauh mana informasi yang dibutuhkan. Selain itu, dipaparkan pula tentang literasi informasi Peneliti, perumusan masalah, tujuan, metode penelitian, pendekatan kuantitatif, jenis penelitian, populasi, sampel, hipotesis, fungsi Puslit Bioteknologi LIPI, karakteristik responden, literasi informasi dan karakteristik Peneliti.

Kesimpulannya hasil penelitian yang dilaksanakan berupa yaitu Literasi Informasi Peneliti di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI sudah berjalan dengan baik. Namun, demikian disarankan Peneliti hendaknya lebih mengeksplorasi dan mengembangkan kemampuannya agar lebih banyak menghasilkan publikasi ilmiah.

Sementara itu, Suherman mengemukakan bahwa dalam rangka mendokumentasikan kegiatan Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI yang dimuat di media cetak dan online, juga dibahas manfaat kajian, metode yang digunakan yaitu penelitian deskriptif, subyek pemberitaan, pemberitaan media online (ada 93 subjek, subjek terbanyak adalah sapi). Pemakalah banyak menampilkan diagram.

Kesimpulan kajian ini yaitu topik terbanyak yang dimuat di media massa pada tahun 2013 adalah peternakan, pertanian dengan subjek tersering muncul yaitu sapi.

Kegiatan berikutnya adalah diskusi penilaian angka kredit jabatan fungsional Pustakawan dengan pemimpin diskusi yaitu Ibu R. Nani Rahayu sebagai Ketua Tim Penilai Jabatan Fungsional Pustakawan. Dalam diskusi ini dibahas masalah-masalah yang terjadi di antara teman-teman Pustakawan untuk memperoleh angka kredit (SEF, Pustakawan)



View the Original article

No comments:

Post a Comment