Friday, May 23, 2014

SMK di Malang kembangkan pesawat berpenumpang

Malang (ANTARA News) - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Budi Mulia Kabupaten Malang, Jawa Timur, segera mengembangkan pesawat berpenumpang manusia yang diberi nama Human X dari prototipe heksacopter yang telah dikembangkan sebelumnya.

"Ke depan kami akan mengembangkan Human X yang berpenumpang manusia," kata pengajar SMK Budi Mulia sekaligus pengembang heksacopter Wiyono di Malang, Jumat.

Ia bersama sejumlah siswa didiknya mulai memantapkan riset terkait dengan pesawat penumpang itu dalam Tempat Pelatihan Keterampilan Usaha (TPKU) di SMK Budi Mulia.

Pesawat itu ke depan akan digunakan untuk kepentingan pemetaan, fotografi, penelusuran wilayah pascabencana, hingga pesawat pengintai.

"Menggunakan teknologi robotik yang kami riset sejak dua tahun lalu," katanya.

Pihaknya mengembangkan riset pesawat tersebut awalnya karena ingin memberikan peluang bagi siswanya agar bisa menerapkan ilmu yang mereka dapatkan secara aplikatif.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Budi Mulia membuka dua jurusan, yakni multimedia dan teknik komputer dan jaringan dengan siswa mencapai 258 orang yang terbagi dalam sembilan kelas.

"Kami berharap suatu saat ini bisa diproduksi massal sebagai salah satu karya anak desa yang membanggakan," katanya.

Selama ini, pihaknya sudah mengembangkan pesawat tanpa awak heksacopter yang mampu terbang hingga ketinggian 2 km dari permukaan tanah dan merekam keadaan sampai jangkauan 1--2 km (retour point).

Pesawat heksacopter sekaligus mampu merekam dalam format JPEG maupun video bahkan dipantau secara langsung melalui monitor di darat dan dikendalikan dengan remote/tablet serta diposisikan dengan Google map.

Pesawat heksacopter seri BM 01X karya siswa SMK Budi Mulia bahkan pernah menjuarai beberapa kompetisi bergengsi, di antaranya Juara I Bidang Teknologi Lomba Jawara SMK 2013.

Sekolah itu sebelumnya pernah menerima dana perkuatan modal TPKU dari Kementerian Koperasi dan UKM sebesar Rp100 juta hingga tercatat telah mampu melahirkan sejumlah lulusan wirausahawan yang mandiri.

"Banyak alumnus yang menyediakan jasanya dan buka usaha sendiri dari mulai video shooting hingga reparasi elektronik," katanya.
(H016)



View the Original article

No comments:

Post a Comment