Sunday, May 18, 2014

MENILIK PERAN STRATEGIS KOREA UTARA DALAM PERGAULAN INTERNASIONAL

Menilik Peran Strategis Korea Utara dalam Pergaulan Internasional
Rabu, 14 Mei 2014

(Jakarta Humas LIPI) Korea Utara dikenal sebagai negara yang tertutup dalam pergaulan internasional. Namun negara yang beribukota di Pyongnyang ini ternyata mempunyai posisi strategis, khususnya di regional Asia Pasifik. Hubungan Korea Utara dengan negara-negara di wilayah ini pernah terjalin dengan baik, khususnya pada masa-masa dimana isu komunisme dan kapitalisme masih menjadi isu yang sering dikonfrontir, jelas Prof. Andrew ONeill, Director of The Griffith Asia Institute, Griffith University, Australia saat memberikan kuliah umum di Media Center LIPI, Jakarta pada Selasa (13/5) kemarin.

Dirinya menjelaskan Indonesia dan Korea Utara dulu memiliki hubungan yang bisa dikatakan cukup dekat. Pemimpin Besar Korea Utara Kim Il Sung dulu pernah menjalin kerja sama yang intens dengan Presiden Soekarno di masa awal kemerdekaan Indonesia, terang ONeill. Dan pada 2013 Marty Natalegawa, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, mengunjungi Pyongyang dalam kunjungan kenegaraan, lanjutnya.

Selain itu, isu nuklir yang tengah dikembangkan Korea Utara juga menjadi pembahasan menarik mengingat negara-negara yang berdekatan dengan Korea Utara seperti Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan merupakan poros pertumbuhan ekonomi dunia. Jika Korea Utara menggunakan kekuatannya untuk memberikan kejutan psikologis bagi negara-negara yang menjadi rivalnya maka bisa terjadi guncangan ekonomi dunia, paparnya.

Temuan lain yang juga menarik adalah kenyataan bahwa Australia memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Korea Utara. Ini menarik, mengingat Australia memiliki kedekatan dengan Amerika dan berideologi sama, tetapi memilih untuk mengambil sikap yang berbeda terhadap hubungan bilateral dengan Korea Utara, jelas ONeill.

Kuliah umum yang diikuti oleh sivitas LIPI dari berbagai satuan kerja ini merupakan bagian dari kunjungan Griffith University ke LIPI untuk menindaklanjuti pelaksanaan nota kesepahaman yang telah ditandatangani pada 13 Juli 2013 lalu. (akb/fz)

» Sumber : Humas LIPI

» Kontak : BKPI

» ARTIKEL TERKAIT :


» Arsip
» Diakses : 111 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment