Saturday, May 24, 2014

MOJOPAHIT DAN KAWISTA, DAYA TARIK STAND LIPI DI IBEX 2014 SURABAYA

Mojopahit dan Kawista, Daya Tarik Stand LIPI di IBEX 2014 Surabaya
Sabtu, 24 Mei 2014

(Surabaya Humas LIPI). Beragam biji dan buah pun terangkai secara apik dan indah di depan stand pameran Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Setidaknya ada 22 jenis biji-bijian (pabaceae dan palmae) dan 39 jenis buah tersusun dalam rangkaian memanjang ke atas tersebut.

Ya, rangkaian itulah yang menjadi daya tarik pengunjung Indonesia Biodiversity Expo (IBEX) 2014, di Royal Plaza Surabaya Jawa Timur untuk mampir ke stand LIPI. Mojopahit dan kawista merupakan dua buah di antara rangkaian itu yang paling banyak menarik minat pengunjung untuk bertanya dan mengamati lebih detil.

Selain karena nilai historisnya, pemandu sekaligus peneliti Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Konservasi Tumbuhan (BKT) Kebun Raya (KR) Purwodadi LIPI Fauziah, M.Sc. menuturkan bahwa banyak pengunjung yang bertanya khasiat buah Mojopahit.

Mojopahit yang sudah kering biasanya dimanfaatkan sebagai wadah, sedangkan buahnya sendiri sedang dikembangkan sebagai obat, terangnya.

Sedangkan pertanyaan pengunjung terkait Kawista, lanjutnya, karena kebanyakan orang menganggap Kawista sama dengan buah Mojolegi. Padahal, buah itu berbeda.

Sementara itu, Trimanto, M.Si., pemandu lainnya yang juga peneliti UPT BKT KR Purwodadi LIPI menambahkan bahwa pihaknya memang secara sengaja membuat model rangkaian biji yang ditata dengan unik agar menarik perhatian pengunjung. Segala macam biji-bijian tersebut diperoleh langsung dari area Kebun Raya Purwodadi, imbuhnya.

Dalam ajang IBEX 2014 yang digelar selama empat hari dari tanggal 22 hingga 25 Mei 2014 ini, LIPI tak hanya menampilkan rangkaian biji dan buah-buahan saja. Ada pula tanaman maupun hasil riset lainnya, seperti Gaharu, Prototype Reaktor Biohidrogen, Jati Platinum, Pupuk Cair Beyonic, Pupuk Bioposka, buku-buku terkait keanekaragaman hayati, tepung Mocaf, dan beberapa hasil penelitian lain.

Materi-materi tersebut dibawa dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, Pusat Konservasi Tumbuhan KR Bogor LIPI, UPT BKT KR Cibodas LIPI, UPT BKT KR Purwodadi LIPI, UPT BKT KR Eka Karya Bali, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, dan Pusat Penelitian Biomaterial LIPI.

Untuk penyelenggaraan IBEX sendiri, kegiatan itu secara resmi dibuka oleh Lani, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur. Dalam sambutannya, ia berharap pameran ini dapat bermanfaat untuk Kota Surabaya dan mendukung langkah pembangunan yang mengarah kepada ekonomi hijau (green economy).

Kepala Bidang Jasa Informasi PKT KR Bogor LIPI Sofi Mursidawati, M.Sc yang turut serta dalam pameran tersebut menambahkan bahwa dalam pameran ini, LIPI ingin menunjukkan hasil karya dari Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati. Eksplorasi dan konservasi tumbuhan yang dilakukan LIPI merupakan langkah yang mendukung program bioresources untuk pembangunan ekonomi hijau, tutupnya. (de)



» Arsip
» Diakses : 8 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment