Monday, May 19, 2014

LIPI – UNIVERSITAS PATTIMURA TANDA TANGANI MOU KERJA SAMA BIDANG IPTEK

LIPI Universitas Pattimura Tanda Tangani MoU Kerja sama Bidang Iptek
Senin, 19 Mei 2014

(Ambon Humas LIPI). Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjalin kerja sama dengan Universitas Pattimura dalam bidang pendidikan, penelitian, serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

Hal ini tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) yang dilakukan oleh Kepala LIPI Prof. Dr. Lukman Hakim dengan Rektor Universitas Pattimura yang diwakili oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik, Dr. Ir. Muh. R. Uluputty, M.P., Rabu (14/5), pada sela-sela Kuliah Umum Kepala LIPI di Universitas Pattimura Ambon Maluku.

Secara spesifik, Kerja sama LIPI dan Universitas Pattimura meliputi beberapa hal. Ruang lingkup kerja sama meliputi pendidikan, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pertukaran tenaga ahli, peningkatan kualitas sumber daya manusia, pertukaran pemanfaatan data dan informasi, pertemuan ilmiah, seminar, dan publikasi, kegiatan lainnya.

Kepala LIPI, Prof. Dr. Lukman Hakim, M.Sc. mengatakan bahwa masing-masing pihak diharapkan memiliki sumber-sumber kemampuan dan potensi yang apabila diintegrasikan dan didayagunakan bersama dapat meningkatkan kinerja dan manfaat yang lebih besar bagi pembangunan.

Untuk dapat mendayagunakan sumber-sumber kemampuan dan potensi tersebut secara optimal, perlu adanya kerja sama yang sinergis, tandasnya.

Budaya Iptek

Sementara itu, Kepala LIPI dalam kuliah umumnya mengangkat tema Peningkatan Kapasitas Penelitian Kelautan di Maluku untuk Memperkuat Daya Saing Bangsa. Titik beratnya adalah pada pengembangan budaya Iptek.

Menurut Lukman, pengembangan budaya Iptek tersebut dapat dimulai dengan pengembangan budaya membaca dan menulis, serta penguatan masyarakat pembelajar yang cerdas, kritis, dan kreatif, serta membina budaya produktif.

Penyiapan SDM yang memiliki wawasan Iptek sangat mutlak diperlukan bagi daerah Maluku agar membangun wilayah ini menjadi lebih sejahtera, rukun, religious, dan berkualitas yang dijiwai semangat siwalima berbasis kepulauan, ujar Lukman.

Dikatakannya, perwujudan itu melalui berbagai ekspedisi kelautan yang dilaksanakan di perairan Indonesia, khususnya di Maluku. Pembangunan Iptek kelautan di Maluku harus diselaraskan dengan kebijakan pengembangan Iptek secara nasional.

Artinya, pembangunan sistem yang mengatur hubungan antara unsur-unsur yang mampu menyediakan iklim yang mendorong inovasi di tanah air dalam satu Sistem Inovasi Nasional (SIN) serta pembangunan untuk meningkatkan penguasaan, pengembangann, dan pemanfaatan Iptek, pungkasnya. (dn)



» Arsip
» Diakses : 28 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment