Sunday, May 18, 2014

Mahasiswa Universitas Lampung berkunjung Ke Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik – LIPI

Awal bulan Mei 2014, Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI mendapat kunjungan dari mahasiswa jurusan Teknik Mesin Universitas Lampung sebanyak 60 (enam puluh) mahasiswa dan didampingi oleh lima orang dosen pembimbing. Kunjungan ini dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 8 Mei 2014, pukul 09.00 WIB. Maksud dan Tujuan Kunjungan Mahasiswa ini adalah sebagai sarana pembelajaran lapangan bagi para mahasiswa, sehingga mahasiswa tidak hanya dibekali dengan teori tetapi juga dibekali dengan pengetahuan mengenai keterampilan apa saja yang nanti harus dipersiapkan dalam menghadapi dunia kerja.

Kunjungan diterima secara resmi oleh Sub Bagian Jasa dan Informasi Puslit Telimek – LIPI pada pukul 09.15 WIB, dan dibuka secara resmi oleh Kepala Sub Bagian Jasa dan Informasi Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik – LIPI, Dadan Ridwan Saleh ST., MT mewakili Kepala Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik – LIPI. Dadan Ridwan Saleh ST., MT., menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih telah memilih Puslit Telimek – LIPI sebagai rujukan pembelajaran lapangan mahasiswanya dan secara umum menggambarkan tugas pokok dan fungsi lembaga. Selain memaparkan sekilas mengenai lembaga, Dadan Ridwan Saleh, ST., MT., menyampaikan juga berbagai peluang kerjasama antar lembaga serta membuka kesempatan bagi para mahasiswa dan dosen untuk layanan jasa bimibingan teknis. Perwakilan Dosen dari Universitas Lampung, M. Badaruddin, Ph.D., memberikan sambutan dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Puslit Telimek – LIPI atas bantuan serta ijin kunjungan kepada Universitas Lampung. M. Badaruddin sangat mengapresiasi tawaran dari Puslit Telimek – LIPI dalam penjajakan kerjasama, khususnya dalam hal bimbingan teknis bagi mahasiswa dan dosen. Setelah sambutan, kedua belah pihak bertukar cenderamata.

Sesi selanjutnya adalah presentasi dari Sub Bagian Jasa dan Informasi Puslit Telimek – LIPI yang disampaikan oleh Mustari Tisna Amidjaya, A.Md., Pranata Humas Penyelia di Puslit Telimek – LIPI. Presentasi berisi tentang profil lembaga serta berbagai hasil penelitian Puslit Telimek – LIPI. Selain materi presentasi, ditampilkan juga tayangan video mengenai hasil-hasil penelitian Puslit Telimek – LIPI. Setelah sesi presentasi, tidak dilakukan sesi tanya jawab, karena efektifitas tanya jawab lebih utama dilakukan di Labotatorium dan Workshop, para mahasiswa dapat bertanya secara langsung kepada peneliti dan teknisi baik itu pertanyaan umum atau bahkan pertanyaan yang bersifat teknis. Sebelum acara ditutup, terlebih dahulu dilakukan foto bersama.

Sesi selanjutnya yaitu kunjungan lapangan ke Laboratorium dan Workshop yang ada di Puslit Telimek – LIPI. Dalam sesi kunjungan lapangan ini, respon serta minat mahasiswa terlihat jelas ketika diberikan kesempatan untuk bertanya, terutama ketika mengunjungi Laboratorium Motor Bakar, Laboratorium Mobil Listrik dan Workshop Bioelektrik. Dalam acara kunjungan kali ini, Laboratorium dan workshop yang dikunjungi yaitu Laboratorium dan workshop mobil listrik, Laboratorium motor bakar, Laboratorium dan workshop Bioelektrik dan Concentrated Solar Power (CSP), Workshop permesinan, dan yang terakhir adalah Laboratorium dan workshop robotik. (Arief/Jasa&Informasi).



View the Original article

No comments:

Post a Comment