Thursday, May 22, 2014

Guru SMAN 10 Pentagon Bengkulu berkunjung ke Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik – LIPI

Kunjungan publik ke satuan kerja di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), khususnya Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik tidak hanya didominasi oleh para mahasiswa dan pelajar, para guru pun memiliki minat serupa. Para Guru Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Pentagon Provinsi Bengkulu berkunjung ke Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI pada hari Jumat, tanggal 9 Mei 2014, pukul 09.00 WIB. Maksud dan tujuan kunjungan para guru dari SMAN 10 Pentagon ini adalah sebagai sarana peningkatan pengetahuan para guru mengenai teknologi tenaga listrik dan mekatronik.

Kunjungan para guru dari SMAN 10 Pentagon ini diterima secara resmi oleh Sub Bagian Jasa dan Informasi Puslit Telimek – LIPI pada pukul 09.00 WIB, dan dibuka oleh Kepala Sub Bagian Jasa dan Informasi Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik – LIPI, Dadan Ridwan Saleh ST., MT., mewakili Kepala Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik – LIPI. Dadan Ridwan Saleh, ST., MT., menyampaikan ucapan terima kasih kepada SMAN 10 Pentagon, Provinsi Bengkulu atas kepercayaannya menjadikan Puslit Telimek LIPI tujuan kunjungan ilmiah serta pembelajaran mengenai ilmu pengetahuan teknik dan tidak lupa beliau ucapkan selamat datang serta permohonan maaf dari Kepala Puslit yang tidak bisa menghadiri kunjungan ini. Dalam sambutannya juga, Dadan Ridwan Saleh, ST., MT., mendeskripsikan tugas pokok dan fungsi Puslit Telimek LIPI serta terbukanya peluang kerjasama antar lembaga khususnya untuk layanan jasa bimbingan teknis. Perwakilan guru SMAN 10 Pentagon, Jarnawi, ST., MT., menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dalam kunjungan ini dan sangat tertarik untuk menjajaki kerjasama mengenai bimbingan teknis bagi para siswa dan guru.

Sebelum sesi presentasi, dilakukan terlebih dahulu tukar cinderamata oleh kedua belah pihak dan acara dilanjutkan dengan presentasi mengenai profil Puslit Telimek – LIPI. Presentasi disampaikan oleh Mustari Tisna Amidjaya, A.Md., Pranata Humas Penyelia di Puslit Telimek – LIPI. Selain presentasi mengenai Profil lembaga, ditampilkan juga beberapa tayangan video hasil penelitian yang ada di Puslit Telimek – LIPI. Setelah sesi presentasi, para pengunjung berfoto bersama untuk dokumentasi.

Kunjungan lapangan dilakukan hanya ke tiga Laboratorium dan Workshop, diantaranya yaitu ke Laboratorium dan Workshop Bidang Transportasi untuk melihat mobil listrik, ke Laboratorium dan Workshop Mekatronik untuk melihat MoroLIPI versi 2, serta ke Laboratorium dan Workshop Bioelektrik untuk melihat maket instalasi bioelektrik. Ketiga Laboratorium dan Workshop itu dipilih berdasar pada minat para guru dengan alasan bahwa SMAN 10 Pentagon memiliki pandangan kedepan untuk menguasai bidang robotik dan energi terbarukan. Minat para guru tersebut terbukti dengan banyaknya pertanyaan kepada peneliti. (Arief/Jasa&Informasi).



View the Original article

No comments:

Post a Comment