Sunday, May 18, 2014

L’OREAL GANDENG LIPI TINGKATKAN PERHATIAN GENERASI MUDA PADA LAUT

Loreal Gandeng LIPI Tingkatkan Perhatian Generasi Muda pada Laut
Rabu, 14 Mei 2014

(JakartaHumas LIPI). Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui UPT Loka Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Oseanografi (LPKSDMO) Pulau Pari bekerja sama dengan PT. Loreal Indonesia menyelenggarakan kegiatan bertaraf nasional Loreal Science Girl Camp 2014 pada 13-14 Mei ini yang berlangsung di Putri Duyung Resort, Ancol. Kegiatan ini diikuti oleh 45 siswi kelas 10 dari berbagai SMA di Indonesia yang menjadi finalis karya tulis ilmiah.

Bertema Pirates of the SEA (Science Education Academy), kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perhatian generasi muda pada dunia kelautan. LIPI yang memiliki pusat penelitian bidang kelautan tertua di Indonesia memiliki tanggung jawab untuk menularkan semangat penelitian terhadap generasi muda Indonesia.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan di Pusat Penelitian Oseanografi LIPI (P2O), kepala UPT LPKSDMO, Triyono mengatakan bahwa ini merupakan kegiatan yang baik untuk menyadarkan bahwa Indonesia memiliki potensi kelautan yang besar.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia terdiri dari 70 persen perairan dan 30 persen daratan. Namun selama ini yang terjadi adalah pembangunan kita terlalu berorientasi ke darat, ungkapnya. Dengan potensi yang sedemikian besar dan degradasi yang sering terjadi, Triyono melanjutkan, sudah saatnya penelitian di bidang kelautan lebih ditingkatkan.

Sejalan dengan hal itu, Head of Communication Loreal Indonesia, Melanie Masriel memaparkan bahwa ini merupakan tahun ke 10 L'Oreal mengadakan kompetisi sains. Setelah berjalan selama 10 tahun, ini pertama kalinya kita mengangkat tema perairan, jelasnya. Ia juga mengatakan bahwa pemenang nantinya akan berkesempatan untuk mengunjungi laboratorium kosmetik L'oreal di Shanghai, China.

Acara pembukaan diikuti oleh pemaparan mengenai dunia penelitian kelautan oleh beberapa perempuan peneliti LIPI yang mendapatkan antusias dari para siswi. Pemaparan dilanjutkan dengan kunjungan ke berbagai laboratorium P2O LIPI.

Para siswi sangat antusias dengan banyaknya jumlah koleksi spesimen biota laut yang ada di laboratorium LIPI. Ternyata banyak hal yang bisa dipelajari dari laut Indonesia, ujar Mita Revita, salah satu peserta. (ms)

» Sumber : Humas LIPI

» Kontak : Triyono

» ARTIKEL TERKAIT :


» Arsip
» Diakses : 86 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment