Thursday, May 22, 2014

KATA AHLI LIPI SOAL KELELAWAR ORANYE YANG DIANGGAP JADI-JADIAN WARGA SITUBONDO

Kata Ahli LIPI Soal Kelelawar Oranye yang Dianggap Jadi-jadian Warga Situbondo
Rabu, 21 Mei 2014

Jakarta - Lis (50) menangkap kelelawar oranye di rumahnya di Situbondo, Jawa Timur. Kelelawar itu kini ditaruhnya ditoples tanpa diberi makan. Dia menangkap kelelawar yang masuk ke rumahnya dengan telanjang. Lis menyangka kelelawar itu jadi-jadian.

Ahli Lembaga Pengetahuan Indonesia (LIPI) Sigit Wiantoro memberi penjelasan soal kelelawar itu. Menurut dia, kelelawar itu bernama ilmiah Kerivoula picta.

"Ini memang agak jarang sekali ditemukan sekarang ini," jelas Sigit saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (21/5/2014).

Menurut Sigit, wajar masyarakat jarang melihat kelelawar jenis ini. Dalam kondisi gelap, kala kelelawar mencari mangsa tentu sulit melihat warnanya.

"Kalau malam, kita melihatnya kelelawar itu hitam saja. Kelelawar oranye ini pemakan serangga," terang Sigit.

Indonesia merupakan wilayah persebaran kelelawar oranya ini dan Situbondo, Jawa Timur salah satu tempatnya. "Juga di Maluku dan Sumatera," imbuhnya.

Kelelawar ini biasa tinggal di lipatan daun pisang yang masih muda atau dibangunan rumah yang masih tradisonal seperti di bangunan bambu.

"Kalau langka sih nggak ya, tapi kelelawar ini populasinya cukup berkurang dan frekuensi penemuannya rendah. Di LIPI juga disimpan kelelawar jenis ini," urai dia.

Kelelawar jenis ini tak bergerak dalam koloni besar. Dia hanya bergerak dalam koloni kecil. Pastinya Sigit mengimbau agar masyarakat tak percaya dengan isu kelelawar jadi-jadian.

"Saran saya secara ilmiah, ini kelelwar biasa ada di Indonesia. Kalau pun lebih baik dilepaskan saja, jangan sampai berprasangka," tutup dia.



» Arsip
» Diakses : 52 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment