Thursday, May 22, 2014

KEBUN RAYA BOGOR LUNCURKAN DUA TANAMAN HIAS VARIETAS BARU

Kebun Raya Bogor Luncurkan Dua Tanaman Hias Varietas Baru
Rabu, 21 Mei 2014

(Bogor Humas LIPI). Di usianya yang telah menginjak 197 tahun, Kebun Raya Bogor terus melakukan upaya konservasi dan penelitian tumbuhan tropika. Salah satunya melalui persilangan tanaman untuk menghasilkan varietas baru seperti yang dilakukan Hartutiningsih M. Siregar dan Sri Rahayu, dua peneliti dari Kebun Raya Bogor.

Hartutiningsih berhasil menyilangkan Begonia puspitae dan Begonia pasamanensis yang merupakan persilangan pertama Begonia dataran rendah. Penyerbukan silang ini bertujuan untuk menghasilkan jenis Begonia baru dengan sosok menarik dengan penampilan fisik yang diharapkan lebih baik dari induknya, unik, menarik atau mempunyai daya tahan yang kuat.

Persilangan dua jenis Begonia tadi menghasilkan Begonia Lovely Jo yang memiliki bentuk daun unik berbentuk bulat lambang hati, asimetris, berwarna hijau muda, dan berambut. Langkah ini untuk melahirkan jenis yang lebih bervariasi. Diharapkan hasilnya dapat menambah keanekaragaman hayati serta bernilai ekonomi yang tinggi jelas Hartutiningsih di sela-sela peringatan ulang tahun ke-197 Kebun Raya Bogor pada Senin (19/5) lalu di Bogor, Jawa Barat.

Sedangkan Aeschynanthus soedjana kassan atau lebih dikenal dengan sebutan Bunga Lipstik SoeKa hasil penelitian dari Sri Rahayu ini merupakan varietas perdana yang dihasilkan di Kebun Raya Bogor. Bunga ini merupakan hasil silangan antara dua spesies Aeschynanthus hasil eksplorasi yang dikonservasikan secara ex situ di Kebun Raya Bogor, jelas Sri.

Varietas baru ini memiliki keistimewaan pola garis gelap pada permukaan tabung mahkota yang berwarna merah tua. Pola warna gelap diwarisi dari tetua jantan Aeschynanthus tricolor namun memiliki tabung mahkota bunga pendek, sehingga tidak terlihat karena tertutup tabung kelopak, ujar Sri. Adapun tabung mahkota dan kelopak yang memanjang merupakan warisan dari induk betinanya, yaitu Aeschynanthus radicans.

Penamaan bunga varietas baru ini merupakan bentuk penghormatan kepada sosok Soedjana Kassan, oang Indonesia pertama yang menjadi pimpinan Kebun Raya Bogor menggantikan J. Douglas pada tahun 1956. Sebelumnya telah berdiri Taman Lebak Soedjana Kassan di areal Kebun Raya Bogor.

Dua varietas ini telah mendapatkan sertifikat Perlindungan Varietas Tanaman dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian, Kementerian Pertanian RI pada 12 November 2013 untuk Begonia Lovely Jo dan 14 Desember 2011 untuk Bunga Lipstik SoeKa.

Kedua varietas baru ini diserahkan secara simbolis oleh Wakil Kepala LIPI Djusman Sajuti kepada Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian, Kementerian Pertanian RI Suharyono dan ahli waris keluarga Soedjana Kassan, Soedjoko Kassan. (fz)



» Arsip
» Diakses : 59 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment