Saturday, May 10, 2014

BPTPTH-Dephut Berkunjung ke Puslit Bioteknologi-LIPI

| Print |

Rabu, 12/3/2014, Balai Penelitian Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan, Departemen Kehutanan berkunjung ke Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI merupakan lembaga terkemuka dalam IPTEK, karenanya sudah sepantasnya dapat dijadikan acuan bagi lembaga lain dalam membangun laboratorium. Kunjungan kerja yang kali pertama ini adalah dalam rangka persiapan guna membangun laboratorium kultur jaringan tanaman di BPTPTH. Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Dr. Ir. Witjaksono, M.Sc dalam sambutannya menyatakan tanaman kehutanan perlu ditingkatkan kualitasnya seperti tanaman kehutanan yang ada di beberapa Negara seperti Afrika Selatan bergunung gunung tanaman kehutanan tumbuh dengan ukuran dan jenis yang relative seragam.

Sementara itu, Dr. Tri Muji Ermayanti, sebagai kepala laboratorium Biak Sel dan Jaringan Tanaman, mempresentasikan tentang kegiatan yang telah dan sedang dilakukan di laboratorium. Peneliti senior di Puslit Bioteknologi LIPI memberikan gambaran tentang hal yang perlu dipersiapkan sebelum membangun laboratorium kultur jaringan tanaman. Salah satunya yang tidak bleh dikesampingkan adalah tenaga peneliti dan teknisi” berkualitas. Selain itu, tentu mereka harus bekerja tekun, karena tingkat kegagalan cukup tinggi dalam mengkultur tanaman.

Kepala Balai Penelitian Teknologi perbenihan Tanaman Hutan, diwakili oleh Ketua Kelti Teknologi Benih, Dr. Yulianti Bramasto, M. Si mengungkapkan keinginannya membangun laboratorium kultur jaringan tanaman, sehingga bias mengembangkan sendiri beberapa jenis bibit unggul, terutama untuk tanaman kehutanan. Diharapkan lima tahun kedepan BPTPTH memiliki bibit unggulan yang dapat dibanggakan, lanjutnya.

Kunjungan ke laboratorium kultur jaringan tanaman yang ada di Pusat Penelitian Bioteknologi dan Pusat Penelitian Biologi-LIPI merupakan kunjungan pertama bagi mereka. Beberapa laboratorium yang dikunjungi, antara lain laboratorium Biak Sel dan Jaringan Tanaman (Laboratory of Plant Cell and Tissue Culture), dan laboratorium Genetika Molekuler Tanaman dan Modifikasi Jalur Biosintesa (Laboratory of Plant Molecular Genetics and Biosynthetic Pathway Alteration). Sedangkan laboratorium di Puslit Biologi LIPI yang dikunjungi adalah laboratorium bidang Botani. Untuk memperkaya wawasan dan beberapa contoh tanaman yang ada, peserta di ajak melihat tanaman jati hasil kultur jaringan yang siap ditanam dilapangan. (est/humas biotek)



View the Original article

No comments:

Post a Comment