Thursday, May 22, 2014

KEBUN RAYA BOGOR BERI 1970 BIBIT TANAMAN UNTUK PENGHIJAUAN

Kebun Raya Bogor Beri 1970 Bibit Tanaman untuk Penghijauan
Rabu, 21 Mei 2014

(Bogor Humas LIPI) Sebanyak 1970 bibit pohon Gisok (Shorea guiso) dan Jaha (Terminallia belrica) hasil pembiakan di Kebun Raya Bogor diserahkan secara simbolis oleh Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor Didik Widyatmoko ke Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor dan perwakilan tiga Sekolah Menengah Atas di Kota Bogor yakni SMA YPHB, SMK PGRI 3, dan SMK Taruna Terpadu.

Perinciannya adalah 1000 bibit pohon untuk 10 sekolah se-Kota Bogor dan 970 bibit diperuntukkan bagi Dinas Kebersihan dan pertamanan Kota Bogor. Tujuan penanaman ini adalah untuk menguatkan populasi jenis sekaligus berfungsi sebagai pohon perindang yang bernilai ilmiah tinggi. Jumlah 1970 melambangkan usia Kebun Raya Bogor yang tahun ini berusia 197 tahun, terang Didik di peringatan ulang tahun ke-197 Kebun Raya Bogor di Bogor, Jawa Barat pada Senin (19/5) lalu.

Pohon Gisok dipilih karena populasinya kini semakin kritis. Dalam kurun sepuluh tahun terakhir jumlahnya mengalami penurunan hingga 80 persen karena eksploitasi berlebih dan kerusakan habitat hidupnya. Sedangkan Jaha adalah tanaman yang cocok untuk penghijauan kota karena mempunyai karakter cepat tumbuh serta berfungsi sebagai penyerap karbon tinggi dan adaptif terhadap kondisi lingkungan. (fz)



» Arsip
» Diakses : 50 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment