Thursday, May 22, 2014

PARTISIPASI P2 KIMIA DALAM SEMINAR DAN PAMERAN DI JCC

Partisipasi P2 Kimia dalam Seminar dan Pameran di JCC
Kamis, 22 Mei 2014

snkai(Berita Kimia) Himpunan Kimia Indonesia (HKI) bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kimia (P2 Kimia) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) serta sejumlah mitra dari universitas dan industri menyelenggarakan Seminar Nasional Kimia Analitik dan Instrumentasi (SNKAI) 2014. Seminar diadakan pada 7 Mei 2014 atau bersamaan dengan penyelenggaraan pameran Lab Indonesia pada tanggal 7-9 Mei 2014 di Gedung Jakarta Convention Center (JCC). Seminar dibuka langsung oleh Ketua Umum Himpunan Kimia Analitik Indonesia, Muhammad A. Martoprawiro, Ph.D. Sejumlah mitra lain yang menjadi penyelenggara acara ini antara lain Departemen Kimia Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Akademi Analisis Kimia Bogor dan PT Prakarsa Sinergi Utama.

Dalam sambutannya, Rahmat Wibowo selaku Ketua SNKAI mengungkapkan kegembiraannya karena jumlah partisipasi peserta meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Sebaran asal peserta juga lebih bervariasi yang berasal dari Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur. Tema yang diusung dalam acara ini adalah Peran Sains Kimia Analitik dan Instrumentasi dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan, Penelitian, dan Industri yang Berwawasan Lingkungan.

Empat pembicara kunci (keynote speakers) diundang guna mengisi acara tersebut. Pembicara kunci pertama adalah Prof. Edison Munaf dari Universitas Andalas. Edison menyampaikan tentang penelitian biomaterial dari limbah pertanian yang dimanfaatkan untuk menyerap logam berat dalam air limbah. Pembicara kunci kedua adalah Prof. Sri Juari Santosa dari Universitas Gajah Mada yang membahas kerja laboratorium yang berlandaskan prinsip sustainabilitas. Prof. M. Bachri Amran dari Institut Teknologi Bandung selaku pembicara kunci ketiga menjabarkan mengenai strategi menghijaukan metode analisis kimia. Terakhir, upaya baru pengembangan metode penentuan dan pengawasan kualitas air dipaparkan oleh Prof. Jarnuzi Gunlazuardi dari Universitas Indonesia selaku pembicara keempat.

Sejumlah peneliti dari P2 Kimia, baik yang ada di Bandung dan Serpong, turut berpartisipasi di acara seminar ini. Dari P2 Kimia Bandung mengirimkan lima judul penelitian yang ditulis, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama, oleh tujuh orang peneliti seperti Retno Yusiasih, Evita Boes, Tina Rosmalina, Willy C. Nugraha, Y. Susanto Ridwan, Eka Dian P. dan Andreas. Sementara dari P2 Kimia Serpong mengirimkan dua judul penelitian yang ditulis secara bersama antara dua atau lebih peneliti yaitu Anis Kristiani, Fauzan Aulia, Kiky C. Sembiring, Haznan Abimanyu, Nurhani Aryana, Yosi Aristiawan dan Dyah Styarini. Topik penelitian yang diusung para peneliti ini bervariasi mulai dari pengembangan metode analisis, uji profisiensi, preparasi katalis, pembuatan standar acuan, dan sebagainya.

Di samping seminar, P2 Kimia juga berpartisipasi di acara pameran Lab Indonesia yang diselenggarakan oleh mitra yaitu PT Prakarsa Sinergi Utama dan ECMI ITE Asia Sdn Bhd. Pameran dibuka oleh Kepala Badan Pengkajian Kebijakan Iklim dan Mutu Industri (BPKIMI) Kementerian Perindustrian, Arryanto Sagala. Ratusan instansi dan perusahaan memamerkan produk unggulan mereka di stand seluas sekitar 3.000 meter persegi tersebut. Dalam pameran yang ditargetkan dikunjungi sepuluh ribu orang itu, P2 Kimia menempati stand HKI bersama mitra afiliasi HKI lainnya.

P2 Kimia mengusung produk unggulan berupa layanan analisa kimia dan uji profisiensi. Analisa kimia yang disediakan diantaranya analisa struktur kimia, analisa air, analisa logam, analisa pangan/ pakan, analisa mikrobiologi, antioksidan, antidiabetes dsb. Analisa ini didukung dengan sejumlah sarana prasarana seperti laboratorium terakreditasi KAN dan ISO 17025, NMR 500 MHz, GC/MS/FID, HPLC, ICP-AES, GF-AAS, NIR, LC-MS, XRD, SEM, dsb. Adapun uji profisiensi dimaksudkan sebagai upaya untuk menjamin ketepatan dan ketelusuran hasil uji laboratorium. (berita:aars, foto: dokumen HKI, LIPI, Wartakota dan pribadi)



» Arsip
» Diakses : 50 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment