Tuesday, May 13, 2014

LIPI BANGUN TIGA RADAR DI LAMPUNG DAN BANTEN

LIPI Bangun Tiga Radar di Lampung dan Banten
Senin, 12 Mei 2014

(Batam Humas LIPI). Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah mengembangkan teknologi radar pengawas laut atau Indonesia Sea Radar (ISRA) sejak 2010 silam. Hal tersebut ditandai dengan peresmian penggunaan radar tersebut oleh Menteri Riset dan Teknologi di Anyer, Cilegon, Banten.

Kini seiring perkembangannya, LIPI pun tengah menyiapkan tiga jaringan radar baru untuk di pasang di dua tempat dan diharapkan selesai akhir tahun ini. Kami berencana memasang tiga radar ini di Lampung dan Banten, tandas Kepala LIPI Prof. Dr. Lukman Hakim tatkala membuka The 3rd International Conference on Radar, Antenna, Microwave, Electronics and Telecomunications (ICRAMET) 2014, Rabu (7/5) pekan lalu, di Batam Provinsi Kepulauan Riau.

Ia pun berharap dengan pemasangan radar tersebut mampu mendongkrak radar produk lokal agar lebih dikenal oleh masyarakat di tingkat nasional dan internasional. Sebab selama ini, ada sejumlah permasalahan dalam mempromosikan hasil penelitian dan pengembangan radar lokal buatan bangsa sendiri.

Indonesia selama ini tergantung dengan produk radar dari luar negeri yang berbiaya tinggi. Dengan kehadiran radar lokal, saya berharap mampu mengurangi ketergantungan tersebut, tukas Lukman.

Sementara itu terkait acara ICRAMET, Kepala LIPI berharap konferensi ini mampu menjadi ajang diskusi dan bertukar pikiran dalam pengembangan teknologi elektronik dan telekomunikasi terutama radar. Sehingga, kualitas teknologinya semakin meningkat. Di masa depan, kami ingin mempromosikan acara ini agar lebih berskala internasional yang lebih besar, imbuhnya.

Yadi Radiansah, Ketua Panitia ICRAMET 2014 menambahkan bahwa tujuan penyelenggaraan kegiatan ICRAMET adalah ingin memetakan kemampuan dan kebutuhan bidang radar, elektronika dan telekomunikasi secara internasional.

Kami juga ingin menggalang kerja sama dengan semua unsur yang terlibat dalam kebijakan, penggunaan, penyediaan, penelitian dan pengembangan, serta pemeliharaan di bidang radar, elektronika dan telekomunikasi supaya bersinergi dan berkolaborasi yang kuat, tutupnya. (pw)



» Arsip
» Diakses : 66 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment