Saturday, May 10, 2014

Kunjungan Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal Ke Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik – LIPI

Awal tahun 2014 Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI menerima kunjungan perdana dari Fakultas Teknik Mesin Universitas Pancasakti Tegal, pada hari Kamis tanggal 23 Januari 2014. Kunjungan diterima oleh Sub Bagian Jasa dan Informasi Puslit Telimek pada pukul 08.00 WIB. Kunjungan kali ini bukan dari mahasiswa, melainkan 12 orang dosen dari Fakultas Teknik Mesin, Universitas Pancasakti Tegal dalam rangka studi banding mengenai teknologi mobil listrik.

Kunjungan diterima di ruang rapat Puslit Telimek – LIPI LIPI Gd. 20 Lantai 2 Kampus LIPI Bandung. Kunjungan dibuka secara resmi oleh Dadan Ridwan S, ST., MT., Kepala Sub Bagian Jasa dan Informasi Puslit Telimek – LIPI, turut hadir dalam acara kunjungan ini yaitu Sdr. Achmad Praptijanto, MT., Kepala Bidang Peralatan Transportasi Puslit Telimek – LIPI. Kunjungan dibagi menjadi 3 (tiga) sesi utama, sesi perkenalan, sesi diskusi, dan sesi kunjungan lapangan.

Setelah sesi perkenalan dari kedua belah pihak, Kepala Sub Bagian Jasa dan Informasi Puslit Telimek – LIPI menyampaikan presentasi mengenai profil lembaga serta berbagai hasil penelitian Puslit Telimek – LIPI. Ketertarikan para peserta terhadap teknologi mobil listrik terlihat pada sesi diskusi dan tanya jawab. Hampir seluruh peserta mengajukan pertanyaan, khususnya mengenai teknologi mobil listrik. Diskusi dan tanya jawab berlangsung cukup lama karena para dosen teknik ini sangat berminat untuk mengetahui dan mengembangkan teknologi mobil listrik yang dimiliki oleh Puslit Telimek – LIPI. Setelah sesi diskusi selesai dilanjutkan dengan sesi kunjungan lapangan ke laboratorium dan workshop yang ada di Puslit Telimek – LIPI. Laboratorium dan workshop yang dikunjungi yaitu Laboratorium dan workshop Biotrik dan Concentrated Solar Power (CSP), Workshop permesinan, Laboratorium motor bakar, dan yang terakhir adalah Laboratorium dan workshop mobil listrik. Para dosen ini menganggap keberadaan mobil listrik merupakan langkah besar menjawab tantangan jaman, seiring dengan semakin langkanya bahan bakar minyak sehingga teknologi mobil konvensional pun ke depan akan beralih ke teknologi mesin listrik. Hal itulah yang menjadi daya tarik para dosen teknik mesin ini untuk mengunjungi dan melihat langsung teknologi mobil listrik LIPI. Selain tertarik dengan teknologi mobil listrik, pihak Universitas Pancasakti Tegal mengharapkan adanya kerjasama berkelanjutan dalam penelitian dan pengembangan yang sesuai dengan bidang masing-masing khususnya pengembangan teknologi mobil listrik.

Acara Kunjungan diakhiri di Laboratorium dan workshop Peralatan Transportasi dengan terlebih dahulu dilakukan foto bersama. (Arief/Jasa&Informasi).



View the Original article

No comments:

Post a Comment