Wednesday, July 3, 2013

TERINTEGRASINYA RUP DALAM LPSE BPPT

Category: Berita Layanan Info Publik

“Tujuan dari Workshop & Implementasi agar seluruh Satker di Lingkungan BPPT dapat membuat Rencana Umum Pengadaan (RUP) yang terintegrasi dengan Sistem Layanan Pengadaan secara Elektronik BPPT, Dikatakan Kepala Perlengkapan Selaku Ketua LPSE Ardi Matutu Saat Memberikan Laporannya Pada Acara Workshop dan Implementasi Rencana Umum Pengadaan BPPT di Yogyakarta (26/6)”.

Lebih lanjut dikatakan Ardi dengan terintegrasinya RUP dalam LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) BPPT, maka diharapkan LPSE BPPT dapat memberikan peran yang lebih besar untuk memfasilitasi seluruh sistem Pengadaan.Seperti yang kita ketahui bahwa proses pengadaan yang telah dilakukan melalui LPSE saat ini adalah proses pelelangan  yang dikenal dengan e-Bidding sejak tahun 2010. Dan diharapkan dalam triwulan III/2013 Proses seperti e-Katalog, e-Pengadaan Langsung, dan e-Swakelola dapat diimplementasikan.

Kepala Biro Umum dan Humas I Gusti Ketut Astana dalam pembukaan mengatakan, “diharapkan dengan pelaksanaan pengadaan dengan mengunakan fasilitas yang baik, maka proses pengadaan dapat dilakukan tepat waktu, terencana baik disetiap triwulan, sehingga tidak terjadi penumpukan pengadaan di tahun anggaran seperti yang terjadi  sebelumnya”.

“Teringtegrasinya RUP dalam LPSE ini akan memudahkan BPPT khusus para pimpinan unit dalam memonitor Laporan Penyerapan Anggaran dan penyusunan laporan Tim  Evaluasi Pengawasan dan Penyerapan Anggaran (TEPPA)”, tambahnya.

Narasumber Patria Susanto selaku Kepala Bidang E-Proc Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) mengatakan, “Pemerintah telah mengatur RUP, salah satunya  dalam Perka LKPP No. 13 Tahun 2012 tentang Pengumuman Umum Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Rencana umum pengadaan Barang/Jasa, yang selanjutnya disebut (RUP), adalah kegiatan yang terdiri dari identifikasi kebutuhan Barang/Jasa yang diperlukan K/L/D/I, penyusunan dan penetapan rencana penganggaran sampai dengan penyusunan Kerangka Acuan Kerja”.

Pada Acara tersebut Patria Susanto dan tim pun memberikan pelatihan langsung mengenai petunjuk teknis Implementasi RUP BPPT melalui Aplikasi e-RUP dalam SPSE. Acara tersebut dihadiri Kepala Biro Keuangan, Para Pejabat Pembuat Komitmen dan Pokja Pengadaan. (jp/Humas)



View the Original article

No comments:

Post a Comment