Thursday, July 11, 2013

3.500 KOLEKSI KEBUN RAYA DIBUKUKAN

3.500 Koleksi Kebun Raya Dibukukan
Rabu, 10 Juli 2013

Penyusunan perlu waktu dua tahun dengan editor naskah dan fotografi Deniek G Sukarya.

Sebanyak 3.5000 tumbuhan koleksi empat kebun raya yang dikelola Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dibukukan dengan visualisasi foto berwarna. Buku tersebut berjudul 3.500 Plant Species of The Botanic Gardens of Indonesia.

"Sejumlah peneliti dari setiap kebun raya dilibatkan untuk penyusunan buku," kata Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Mustaid Siregar, Senin (8/7) di Bogor.

Mustaid mengatakan, selama ini penyusunan buku koleksi tumbuhan di kebun raya berupa gambar yang dibuat secara manual. LIPI menangani empat kebun raya, meliputi Kebun Raya Bogor, Cibodas, Purwodadi, Eka Karya Bali, dengan luas total 415,5 hektare.

Ibu Negara Ani Yudhoyono disebut sebagai perintis dan pembimbing dalam penyusunan buku setebal 1.216 halaman itu. Penyusunan perlu waktu dua tahun dengan editor naskah dan fotografi Deniek G Sukarya. Buku itu diluncurkan di Istana Kepresidenan Cipanas, Sabtu lalu.

Dalam sambutannya di buku, Ani Yudhoyono mengatakan, ide awalnya dari kenyataan tidak tersedianya data dasr tentang koleksi tumbuhan di kebun raya di Indonesia. Sebelumnya, tahun 2011 Ani Yudhoyono menerbitkan buku The Colors of Harmony-A Photography Journey by Ani Yudhoyono, yang menyajikan foto-foto flora, termasuk koleksi Kebun Raya Bogor.

Kepala LIPI Lukman Hakim menyebutkan, dari empat kebun raya, terdapat 70.000 spesimen tumbuhan. "Di antaranya, 2.000 tumbuhan belum teridentifikasi jenisnya," kata Lukman.



» Arsip
» Diakses : 47 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment