Wednesday, July 3, 2013

LIPI LAKUKAN RISET KEBUDAYAAN KOREA JELANG THE 14TH KOREA FORUM

LIPI Lakukan Riset Kebudayaan Korea Jelang The 14th Korea Forum
Rabu, 3 Juli 2013

Jakarta, GATRAnews - Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Korea semakin kuat. Kedua negara berbagi pengalaman karena memiliki visi yang sama, nilai dan kemauan untuk berkontribusi dalam penguatan di berbagai bidang. Oleh karena itu Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengadakan penelitian terkait fenomena tersebut.

Kepala Pusat Penelitian Kependudukan LIPI, Dra. Haning Romdiati, MA mengatakan, kegiatan ini bertujuan sebagai sarana berbagi pengetahuan dan wawasan, pengalaman, dan pemikiran terkait persoalan hubungan diplomatik antara Korea dan Indonesia, baik di masa lalu maupun prospek ke depan. Kegiatan ini memberi peluang kerja sama penelitian terkait isu-isu sosial-ekonomi, politik, kependudukan dan budaya. Selain itu, akademisi dan aktivis non pemerintah dapat memanfaatkan kesempatan ini sebagai ajang promosi pertukaran program, ungkapnya kepada GATRAnews, Selasa (2/7).

Haning menambahkan, tujuan lain kegiatan ini adalah membangun kerja sama internasional di bidang sosial dan humaniora yang selanjutnya diharapkan dapat memperkuat kolaborasi kegiatan ilmiah di berbagai disiplin ilmu sosial dan humaniora. Dampak positif lainnya adalah untuk memberikan kontribusi dalam memperkuat hubungan diplomatik antara Korea dan ASEAN pada umumnya, serta Korea dan Indonesia khususnya.

Budaya Korea juga mulai memasuki Indonesia, terindikasi dari banyaknya penggemar kebudayaan Korea. Masyarakat Korea sangat menyenangi kebudayaan Indonesia, dan sebaliknya, tambahnya. Seminar ini menghadirkan para pakar dari Indonesia dan Korea yang akan memaparkan tiga topik utama yang menarik, yaitu Retrospect and Prospect for Indonesia-Korean Relations, Korea in Indonesia, dan ASEAN in Korea.

Dalam tiga topik utama tersebut akan dibahas lebih dalam, di antaranya terkait ASEAN and Korean in Search of a New Relationship, Indonesian Studies in Korea: Implication for Indonesia, dan the Southeast Asia Phenomenon in Korea Viewed through Thai Food. Hasil-hasil studi tentang Korea-ASEAN akan dipaparkan dalam The 14th Korea Forum yang akan dimulai hari ini dan esok. Forum Internasional tahunan tersebut kali ini mengangkat tema Commemorating the 40th Diplomatic Relations between Indonesia and Korea: Deepening Inter-relations between ASEAN and Korea. (*/WN)



» Arsip
» Diakses : 12 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment