Monday, September 23, 2013

Teknologi Modifikasi Cuaca Bantu Cegah Hujan Pada Pembukaan ISG 2013

Category: Berita Teknologi Sumberdaya Alam & Kebencanaan

Seiring dengan keberhasilan pelaksanaan teknologi modifikasi cuaca (TMC) di berbagai daerah di tanah air, kali ini UPT Hujan Buatan (UPTHB) BPPT turut membantu mengamankan acara Pembukaan Islamic Solidarity Games (ISG) III 2013 di Stadion Sriwijaya Kompleks Olahraga Jakabaring Palembang. Dengan izin dari Yang Maha Kuasa dan kerja keras seluruh awak UPTHB-BPPT, acara pembukaan ISG ini berlangsung sukses tanpa disertai turunnya hujan (22/9).

Kepala UPTHB BPPT, F.Heru Widodo mengatakan bahwa kegiatan TMC guna mengamankan pembukaan ISG di Gelora Jakabaring Palembang. “Hari Minggu ini  telah dilakukan 6 sorti penerbangan yang di mulai terbang dari sekitar jam 10 s.d jam 17.00 sore menggunakan metode jumping proses dan overseed seeding agar awan turun hujan atau buyar,” ungkap Heru.

Pada pelaksanaan ISG 2013 ini BPPT dan BNPB diminta mengamankan pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) Palembang dengan menerapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (Hujan Buatan) dari gangguan asap dan curah hujan yang berlangsung dari tanggal 18 September s.d 1 Oktober 2013.  Heru menguraikan bahwa UPTHB BPPT menerapkan redistribusi curah hujan dengan metode Jumping Process dan metode Kompetisi untuk mengganggu pertumbuhan awan. “Metode ini sama dengan yang diterapkan saat mengurangi banjir di DKI Jakarta awal tahun 2013 ini serta saat pelaksanaan Sea Games th 2011 di Palembang. Pada pelaksanaan ini, BPPT mengerahkan 2 pesawat Casa milik BPPT dan 6 peralatan GPG dan 6 pohon flare,” paparnya.

Adapun Posko kegiatan TMC kali ini diposisikan di  Lanud Palembang. “Hari Minggu kemarin, selain melakukan sorti penerbangan, guna mencegah turunnya hujan digunakan 6 Ground Particles Generator dan 6 pohon flare yang mulai dibakar dari jam 8 pagi sampai jam 22 malam untuk menjalankan metode kompetisi agar awan mandul dan tidak berkembang,” jelas Heru. (SYRA/humas) 



View the Original article

No comments:

Post a Comment