Wednesday, September 25, 2013

PELATIHAN INTERNAL: PENGUJIAN KESELAMATAN PERALATAN KELISTRIKAN RUMAH TANGGA: MESIN CUCI DAN KIPAS ANGIN

Pelatihan Internal: Pengujian Keselamatan Peralatan Kelistrikan Rumah Tangga: Mesin Cuci dan Kipas Angin
Rabu, 25 September 2013

Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2SMTP)-LIPI menyelenggarakan Pelatihan Internal tentang Pengujian Keselamatan Peralatan Kelistrikan Rumah Tangga Berdasarkan IEC 60335 dengan objek pengujian mesin cuci dan kipas angin, pelatihan dilaksanakan selama 10 hari di bulan Juli dan Agustus 2013, yang dilaksanakan dua kali sepekan. Pelatihan diikuti oleh 12 orang peserta dari Bidang Teknologi Pengujian, di gedung lab uji P2SMTP-LIPI.

Pengujian Peralatan Kelistrikan Rumah Tangga merupakan salah satu kemampuan lab uji yang dimiliki P2SMTP-LIPI. Laboratorium Pengujian Alat Rumah Tangga memberikan pelayanan pengujian keselamatan dan kinerja peralatan rumah tangga dan industri, sehingga perlu terus mengembangkan kompetensi baik aspek fisik laboratorium maupun SDM-nya. Metoda pengujian peralatan rumah tangga dan industri mengacu pada beberapa standar, salah satunya seri Standar IEC 60335 .

Dalam sambutannya saat membuka pelatihan, Kepala P2SMTP-LIPI, Dr. Ir. Puji Winarni, M.A. menyampaikan bahwa In House Training (IHT) dilaksanakan agar para peneliti yang mewakili puslit dalam mengikuti training safety testing di SIRIM QAS, Malaysia, dapat men-sharing pengetahuannya ke rekan-rekan yang lain. Pengetahuan yang diterima diharapkan dapat langsung diaplikasikan berupa pelayanan kepada masyarakat dan industri. Kegiatan Pelatihan Internal merupakan kegiatan yang harus didukung bersama dan menjadi program P2SMTP-LIPI untuk meningkatkan kompetensi personel dalam menjaga mutu pengujian yang dilakukan. P2SMTP-LIPI adalah organisasi pembelajar yang terus-menerus mengembangkan diri dari berbagai aspek, baik informasi, kompetensi, maupun keahlian: salah satunya melalui pelatihan internal.

Puji percaya bahwa materi pelatihan yang di-sharing-kan tidak akan mengurangi keahlian para instruktur, tetapi justru akan semakin meningkatkan pengetahuan dan menambah kemanfaatannya. Seringkali, pada saat sharing dengan rekan lainnya, muncul pertanyaan-pertanyaan yang baru yang sebelumnya tidak terpikirkan dan menjadikan bahan diskusi yang dapat memperdalam pemahaman terhadap metode pengujian.

Sivitas harus selalu mengembangkan diri dan ke depan untuk menyiapkan lab dalam keterlibatannya dengan masyarakat regional, ASEAN Community. Lab P2SMTP-LIPI telah dilirik oleh masyarakat dan industri di Indonesia dan juga oleh lab-lab sejenis lainnya dalam rangka mempererat jalinan kerja sama. Semoga upaya-upaya yang puslit lakukan saat ini maupun ke depan dapat memberikan banyak manfaat untuk puslit maupun untuk stakeholders P2SMTP-LIPI .

Kasubbid Pengujian Peralatan Industri dan Rumah Tangga (PPIRT-P2SMTP LIPI), Dwi Mandaris, S,Si., M.T. dalam kesempatan yang sama, berharap bahwa hasil training teman-teman di SIRIM, Malaysia mengenai safety test, yang di-sharing-kan ke teman-teman dapat bermanfaat bagi sivitas. Dwi menjelaskan, bahwa Pelatihan dilaksanakan di meeting room dan di lab. uji. Adapun benda-benda uji yang digunakan yaitu mesin cuci dan kipas angin, yang merupakan produk yang akan ditambahkan dalam lingkup akreditasi lab. uji P2SMTP-LIPI.

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti rangkaian pelatihan yang dilaksanakan selama 10 hari tersebut. Peserta berharap agar kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan setiap kali ada kegiatan training staff, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Kegiatan ini dapat menjadi sarana yang efektif dalam hal transfer pengetahuan ke seluruh sivitas laboratorium pengujian P2SMTP untuk meningkatkan dan mempertahankan kompetensinya sebagai laboratorium terakreditasi di Indonesia



» Arsip
» Diakses : 9 kali
» Dikirim : 0 kali


View the Original article

No comments:

Post a Comment