Wednesday, September 25, 2013

BERPENGARUHKAH GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK PONSEL GENGGAM TERHADAP KESEHATAN?

Berpengaruhkah Gelombang Elektromagnetik Ponsel Genggam Terhadap Kesehatan?
Rabu, 25 September 2013

Tidak banyak yang tahu dampak penggunaan ponsel genggam/handphone (HP) yang digunakan bagi kesehatan kita. Salah satunya efek radiasi gelombang elektromagnetik yang dihasilkan HPpada kesehatan manusia.

Gelombang elektromagnetik dianalogikan sebagai kendaraan yang digunakan oleh informasi seperti suara dari pengirim yaitu Base Transseiver Station (BTS) atau menara, untuk mencapai suatu tujuan, dalam hal ini si penerima adalah ponsel atau sebaliknya.

Dari namanya, gelombang elektromagnetik merupakan gelombang yang dipengaruhi oleh medan listrik dan medan magnet yang menghasilkan energi radiasi dari suatu tempat ke tempat lain.

Energi yang dikeluarkan oleh gelombang elektromagnetik kemudian diserap oleh bagian-bagian tubuh manusia sehingga adanya penambahan energi. Penambahan energi menyebabkan perubahan temperatur/suhu pada bagian-bagian tubuh tersebut

Telepon genggam yang digunakan di area telinga menyebabkan banyak pengaruh karena dekat dengan sumbernya, yaitu di daerah kepala, di mana cairan dalam kepala bertambah panas karena pengaruh energi.

Secara ilmiah, energi yang dikeluarkan berpengaruh secara kesehatan, tetapi berapa besar yang dapat diserap bergantung dari ponsel yang mengikuti standar atau tidak. Jika sesuai standar berarti tidak membahayakan untuk kurun waktu tertentu.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, dampak gelombang elektromagnetik tegangan tinggi atau ponsel tidak berbahaya asal pancarannya kecil.



» Arsip
» Diakses : 10 kali
» Dikirim : 0 kali


View the Original article

No comments:

Post a Comment