Monday, September 2, 2013

LABORATORIUM BARU METROLOGI KIMIA SIAP TAHUN DEPAN

LABORATORIUM BARU METROLOGI KIMIA SIAP TAHUN DEPAN
Senin, 2 September 2013

Oleh Maria Rosari

Jakarta, 27/8 (Antara) - Direktur Pusat Penelitian Kalibrasi Instrumentasi dan Metrologi LIPI, Mego Pinandito menyatakan bahwa laboratorium baru metrologi kimia akan siap digunakan pada awal 2014.

"Gedung laboratoriumnya kini sedang dibangun, fondasi dan kerangkanya sudah selesai. Tahun ini mungkin selesai dan awal tahun depan baru siap digunakan," jelas Mego ketika dijumpai di Puspiptek Tangerang Selatan, Selasa.

Mego yang mengaku tidak mengetahui berapa besaran investasi yang dianggarkan untuk gedung baru itu menjelaskan bahwa awalnya laboratorium metrologi kimia berada di pusat penelitian Lipi.

Namun seiring berjalannya waktu, para peneliti membutuhkan fasilitas gedung laboratorium yang lebih besar, sehingga Lipi kemudian membangun gedung baru bertempat di Puspiptek Tangerang Selatan.

"Dengan fasilitas laboratorium metrologi kimia yang baru, para peneliti akan lebih mampu melakukan penelitian, pengembangan, dan material referensi," ujar Mego.

Mego menambahkan bahwa fasilitas laboratorium metrologi kimia yang baru diharapkan dapat memberikan manfaat dan keuntungan dalam pengembangan penelitian metrologi kimia yang kini sedang berjalan.

Lebih lanjut Mego mengemukakan bahwa pihaknya akan terus mengembangkan metrologi dan meningkatkan infrastruktur metrologi untuk mendongkrak daya saing produk nasional, terutama di pasar global nanti.

"Terkait dengan proses Asean Community 2015, pasarnya nanti akan menjadi satu. Kita harus mempersiapkan dari hal dasar seperti pengukuran (metrologi)," jelas Mego.

Menurut dia peningkatan infrastruktur metrologi yang diiringi dengan teknologi yang baik akan membatu meningkatkan daya saing produk Indonesia untuk siap di perdagangkan secara global.

Oleh sebab itu penelitian yang terkait dengan metrologi di laboratorium akan terus dilakukan untuk menjamin ketelusuran mulai dari nasional hingga diakui oleh internasional, tambah Mego.

(M048)



» Arsip
» Diakses : 24 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment