Wednesday, September 25, 2013

PUSAT PENELITIAN GEOTEKNOLOGI LIPI IMPLEMENTASIKAN ISO 9001

Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI Implementasikan ISO 9001
Rabu, 25 September 2013

Pusat Penelitian Geteknologi (P2G) LIPI Bandung, memulai sejarah baru dengan mencanangkan implementasi Sistem manajemen Mutu (SMM) berbasi SNI ISO 9001:2008. Hari Senin, tanggal 3 September 2013, menjadi hari bersejarah bagi P2G LIPI, yang ditandai dengan dimulainya era sistem manajemen yang tertata lebih rapi dan terdokumentasikan.

Acara dibuka oleh kepala Pusat Penelitan Geoteknologi LIPI, Dr. Ir. Haryadi Permana, yang menyatakan bahwa Implementasi SMM di P2G-LIPI tidak tergantung dari SK yang sudah ada dan bisa saja lebih dari yang dibayangkan, dengan tujuan utama untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat sebagai pelanggan eksternal, juga para sivitas akademika sebagai pelanggan internal, dan tidak lupa juga Dr. Haryadi menyampaikan rasa terima kasih pada P2SMTP LIPI yang telah membimbing hingga dokumen SMM dapat terwujud.

Deputi IPT LIPI, Prof. Riset Dr. Ir. Iskandar Zulkarnain, dalam arahannya menyatakan kegembiraannya dengan dimulainya era baru di P2G LIPI Bandung. Lebih lanjut Prof. Iskandar memaparkan bahwa stardar ISO dimulai di kalangan industri, dan kemudian diadopsi untuk organisasi yang lebih luas lagi, termasuk manajemen, bahkan untuk bidang jasa.

Lebih lanjut lagi Prof. Iskandar menjelaskan bahwa ISO dijalankan oleh standar yang pada core bisnisnya untuk peningkatan produk, keuntungan lainnya dengan menerapkan standar ini, kalangan industri tidak hanya mendapatkan benefit, tetapi juga penambahan inovasi baru yang belum ada sebelumnya. Pola pikir harus berubah, dengan tidak hanya apa yang kita mau kerjakan, akan tetapi apa yang bisa kita berikan untuk stakeholder. Untuk itu ada 4 hal yang penting untuk dilaksanakan dalam implementasi SMM ISO 9001, yaitu: Komitmen, berupa janji yang harus diimplementasikan oleh seluruh sivitas, (2) upaya mengintegrasikan standar kedalam sistem yang dibangun, (3) Bermuara pada pelayanan yang lebih baik, dan (4) perlunya audit sebagalai salah satu bahan evaluasi. Keempat hal tersebut harus dilaksanakan oleh seluruh sivitas sebagai pertanggungjawaban terhadap sistem, sebagai kesiapan pelaksanaan dan komitmen untuk menjalankan SMM.

Orientasi perbaikan sistem dalam implentasi SMM perlu dibangun dengan sungguh-sungguh, perlunya pertemuan periodik untuk memeriksa apakah sistem sudah berjalan dengan baik atau belum. Bila perlu bulanan atau dua pekanan, tegasnya.

Selanjutnya pemaparan dan sosialisasi SMM P2G LIPI yang dipresentasikan secara langsung oleh Manajer Puncak, Kepala P2G-LIPI. Pemaparan tentang SMM yang diperlukan dan dari kesemuanya lebih menekankan pada fokus pada pelanggan seperti yang tertuang dalam standar SNI ISO 9001:2008.

Melengkapi acara peresmian implementasi SMM berbasis ISO 9001:2008 di P2G-LIPI, Kepala Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2SMTP)-LIPI, Dr.Ir. Puji Winarni berbagi pengalaman tentang implementasi SMM di satuan kerjanya. Dr. Puji Winarni menekankan bahwa selain fokus pada pelanggan, organisasi pemerintah sangat perlu, bahkan wajib memperhatikan aturan implementasi Reformasi Birokrasi RB dari KemenPAN-RB.

Penekanan yang dimaksud Dr.Puji adalah dalam aspek perangkat keras (hard), berupa: (1) sinergisitas kebijakan pemenuhan pesyaratan SNI ISO 9001:2008 dengan regulasi yang ada; (2) pengaturan anggaran yang cermat. Sementara dalam aspek perangkat lunak (soft)- nya berupa: (1) Menejer Puncak harus bisa sebagai role model; (2) rasa memiliki oleh personel organisasi atas dokumen SMM berbasi SNI ISO 9001; dan (3) perlunya personel yang bisa menjadi agent of change dalam implementasi SMM, sebagai perpanangan manajemen.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi seputar SMM yang akan diterapkan di P2G LIPI, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak kinerja antara eselon 2 dan para eselon 3 di lingkungan P2G LIPI, dilanjutkan dengan foto bersama dan ditutup dengan pembacaan doa dan makan siang bersama. Selamat menjalankan SNI ISO 9001:2008 P2G-LIPI, semoga sertifikat ISO 9001 dapat diperoleh, sebagai pengakuan pihak ketiga atas implementasi standar manajemen internasional itu!



» Arsip
» Diakses : 19 kali
» Dikirim : 0 kali


View the Original article

No comments:

Post a Comment