Friday, September 27, 2013

LIPI EXPO 2013 MENGUAK KARAKTERISTIK GUNUNG BAWAH LAUT

LIPI Expo 2013 Menguak Karakteristik Gunung Bawah Laut
Kamis, 26 September 2013

JAKARTA, (PRLM).- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali menggelar LIPI Expo, dijadwalkan berlangsung di Pantai Panjang, Bengkulu, 26 s.d. 30 September 2013. Dalam rangkaian kegiatan yang merupakan kerja sama LIPI dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu itu akan digelar workshop membahas hasil riset tim LIPI terkait dengan karakteristik gunung bawah laut di lepas pantai Bengkulu menggunakan metode seismik.

Siaran pers yang diperoleh PRLM di Jakarta, Rabu (25/9/13) menyebutkan, salah satu temuan yang penting dari penelitian laut dalam di busur Sumatra adalah penemuan gunung bawah laut yang lazim disebut sebagai seamount di perairan lepas pantai Bengkulu pada 2009.

Penelitian yang dinamakan dengan TIDES (Tsunami Investigation using Deep Seismic Evaluations) ini berlokasi di lepas pantai kepulauan Mentawai dengan menggunakan peralatan seismik yang dirancang dapat mencitrakan struktur sumber kegempaan hingga kedalaman kurang lebih 50 kilometer.

Menurut rencana, kegiatan workshop akan menampilkan pembicara utama Hery Harjono (pakar geologi LIPI).

Kepala LIPI Lukman Hakim mengungkapkan, pemilihan pelaksanaan kegiatan LIPI Expo di Kota Bengkulu didasari upaya memasyarakatkan hasil riset dan sumber daya kepakaran LIPI agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di Sumatera dan sekitarnya.

Hal ini sejalan dengan program pemerintah dalam Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2013, dengan menempatkan Sumatera sebagai gerbang ekonomi nasional ke pasar Eropa, Afrika, Asia Selatan, Asia Timur, serta Australia, ujarnya.

Lukman berharap, LIPI Expo 2013 mampu memberi manfaat besar bagi masyarakat, Pemerintah Daerah, dunia usaha, dan akademisi di Bengkulu, serta provinsi lain yang berdekatan dengan Bengkulu. Hal itu karena gelaran itu menampilkan hasil-hasil penelitian produk dan teknologi tepat guna yang telah dikembangkan LIPI, serta potensi dan peluang investasi bagi industri dan perdagangan.

Pada Expo juga akan ditampilkan produk unggulan yang dihasilkan oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan LIPI. Kegiatan LIPI Expo sendiri dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan Bengkulu Expo dan Kemilau Sumatera.

Sementara itu, untuk talkshow, ada dua pakar politik LIPI yakni Ikrar Nusa Bhakti dan Syamsuddin Haris yang akan memaparkan tentang Pemilu 2014 dan Konsolidasi Demokrasi Indonesia. Acara tersebut digelar di Gedung Serbaguna Pemprov Bengkulu.

Dijelaskan, LIPI Expo 2013 bertajuk Science Education Forum and Exhibition: Bakti LIPI untuk Negeri.(A-94/A-108)***



» Arsip
» Diakses : 27 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment