Wednesday, September 25, 2013

PENANDATANGANAN KERJA SAMA PRODUK PENGUJIAN DENGAN INDUSTRI

Penandatanganan Kerja Sama Produk Pengujian dengan Industri
Rabu, 25 September 2013

Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2SMTP) LIPI melaksanakan Penandatanganan kontrak kerja sama dengan PT TUV Rheiland Indonesia (TRID) tentang Produk Pengujian, dilaksanakan di lobi lantai 1 Gedung Laboratorium P2SMTP-LIPI. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala P2SMTP-LIPI, Dr. Ir. Puji Winarni, M.A. dan Direktur Utama TRID, Ir Muhammad Bascharul Asana, M.B.A.

Dalam sambutannya, Dirut TRID, Ir Muhammad Bascharul Asana, M.B.A., menyampaikan bahwa kerja sama menjadi suatu momentum buat TUV Rheinland Group bahwa untuk bersiap mendapat kapasitas, bekerja sama dengan lain, saling memanfaatkan, simbiosis mutualisme sehingga saling menguntungkan.

Perusahaan TUV berdiri sejak tahun 1872, dan bergerak di bidang; testing dan inspeksi. Hingga sekarang perusahaan ini sudah berada di seluruh belahan dunia. Di Indonesia, TRID berfokus pada Sistem Manajemen Mutu ISO, beberapa pengujian, testing inspeksi, dan juga LS Pro.

Jika melihat potensi Indonesia, seperti kita tahu semua baca di Koran; luar biasa postensi Indonesia. Tiga hari yang lalu kliping koran di Jerman, membahas khusus Indonesia, minggu sebelumnya; betapa atraktif Indonesia di semua bisnis, dan Pemerintah mengarah ke satu sheet. jelas Muhammad Bascharul Asana, M.B.A.

Dirut PT TRID menjelaskan, bagaimana personel sertification dikembangkan, dan hampir semua sudah melihat Indonesia akan kesulitan jika tidak dilakukan sekarang apalagi ketika harus mengantisipasi pasar tunggal ASEAN th 2015. Jika tidak disiapkan mungkin tidak diberi stempel hasil inspeksi, maka berpotensi tinggi tidak diterima di tingkat internasional. Itu salah satu contoh bagaimana Jerman sebagai Negara lima besar di dunia yang urutan ekonomi cukup tinggi, sudah melihat produk baru yg akan mereka fokuskan. Jadi ada 3 sektor Jerman itu sangat kuat , seperti:

  1. Industri jasa yaitu Testing Inspection Certification (TIC)
  2. Infrastruktur
  3. Industrial service, yang akan dikaitkan dengan personel sertifikasi dan produk sertifikasi, dan inspeksi, seperti monorail, free trade zone asia pasific 2015

TIC menjadi agenda utama, keinginan TUV dalam memenuhi kebutuhan pasar pengujian, sudah saatnya seperti TRID, Sucofindo, P2SMTP-LIPI harus bersama-sama, yaitu:

  1. Saling mengkonsolidasikan semua kapasitas, seperti TUV Rheiland tabel di mana masih banyak yang kosong, standa-standar yang dikeluarkan oleh pemerintah SNI, sementara kapasitas web dan elektronik belum banyak . Karena tidak mungkin saling tidak bekerja sama untuk mengisisinya. Dua tahun lagi ketika pasar dibuka bisa saja akan di isi oleh orang lain seperti Sirim-Malaysia, atau yang yang lain, itu berbahaya dan tidak mempunyai kesempatan. Jadi TRID ingin sekali bekerja sama untuk mengisi tabel tersebut.
  2. Bagaimana kapasitas ini digunakan mengisi kebutuhan dengan pengujian. Masih banyak perusahaan pengatur organisasi mengatur sendiri tidak diberi diberi pihak ke-3 seperti PT TRID, Sucofindo,P2SMTP-LIPI, dan sebagainya.

Diharapkan ada konsolidasi diantara kita, untuk saling mengisi, untuk saling mendukung. Seperti pada jasa pengujian Electromagnetic Compatibility (EMC), dan kami memerlukan tenaga ahli, dan kerja sama tidak hanya SDM pengujian tetapi juga lainnya. Semoga kerja sama berjalan baik dan sukses , sehingga memperluas kapasitas yang dibutuhkan. harap Dirut.

Dalam sambutan balasan, Kepala P2SMTP-LIPI, Dr. Ir. Puji Winarni, M.A. menyampaikan bahwa apa yang dilakukan di P2SMTP-LIPI adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Bagian dari upaya P2SMTP-LIPI untuk Message International Community, P2SMTP-LIPI berusaha untuk bekerja sama, melihat bahwa peran IPTEK 2015 benar-benar sangat diharapkan menjadi soko guru suatu pendorong dari ekonomi Indonesia . Peran Iptek diharapkan perannya untuk juga berperan serta membangun Indonesia.

Kami berkomitmen bahwa apa yang ada di masyarakat adalah menjadikan kami dapat mengembangkan P2SMTP-LIPI , bahwa kami para peneliti, perekayasa, dan lain-lain melakukan berdasarkan kebermanfaatan masyarakat.ungkap Kapus Puji Winarni.

Mudah-mudahan yang dirintis oleh sivitas P2SMTP-LIPI semakin memperkuat kerja sama industri. Apa yang puslit lakukan semuanya bermuara, bermanfaat dalam skala kecil maupun besar. Terima kasih atas kepercayaan TUV dan mudah-mudahan dapat memperluar hal-hal yang lain, dan menjadi pendorong uuntuk semakin kuat dengan kompetensi yang P2SMTP-LIPI miliki.

Pada kesempatan yang berbeda, Senior Manager Products and Mobility, PT TRID, Dipl. Ing. Ruddy Herlawanto menjelaskan, bahwa kapasistas EMC yang dimiliki P2SMTP-LIPI sangat lengkap, terkait kondisi yang mendukung pencapaian Millenium Development Goals (MGD), juga cerita dan kompetensi SDM LIPI sangat memadai.

Setelah acara penandatanganan, rombongan PT TRID melihat-lihat fasilitas laboratorium pengujian P2SMTP-LIPI: EMC, Alat Kesehatan, Alat Rumah Tangga, Konversi Energi, dan P2SMTP-LIPI juga mengelola Sertifikasi Personel Sistem Mutu.



» Arsip
» Diakses : 21 kali
» Dikirim : 0 kali


View the Original article

No comments:

Post a Comment