Monday, September 2, 2013

INDONESIA AKAN KEMBANGKAN METROLOGI BIOLOGI

INDONESIA AKAN KEMBANGKAN METROLOGI BIOLOGI
Senin, 2 September 2013

Oleh Maria Rosari

Jakarta, 27/8 (Antara) - Indonesia melalui Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan mengembangkan metrologi (pengukuran) biologi sebagaimana dikatakan oleh Direktur Pusat Penelitian Kalibrasi Instrumentasi dan Metrologi LIPI, Mego Pinandito.

"Saat ini kita sedang mempelajari metrologi biologi, ini sebetulnya pengembangan dari bio-science," jelas Mego ketika dijumpai di Puspiptek Tangerang Selatan, Selasa.

Mego menjelaskan bahwa metrologi biologi saat ini juga baru mulai diteliti oleh beberapa negara besar lainnya. Di Asia sendiri metrologi biologi belum selesai diteliti.

Menurut Megi hal itu dikarenakan pengukuran biologi akan menjadi hal yang sangat sensitif karena menyangkut kehidupan, sehingga sangat sulit untuk diteliti pengukurannya.

"Tiga sampai lima tahun lagi pengembangannya baru selesai. Itu sudah yang paling cepat, malah bisa lebih lambat daripada itu," tambah Mego.

Mengenai apa keuntungan yang didapat dari metrologi biologi untuk Indonesia terutama bidang perekonomian, Mego mengaku belum tahu persis karena belum diketahui cara pengukurannya.

"Soal keuntungannya apa, jujur saya belum tahu. Tapi saya pastikan ini akan memberikan keuntungan bagi Indonesia," tegas Mego.

Lebih lanjut Mego mengungkapkan bahwa metrologi biologi yang sedang dikembangkan oleh Lipi, masih bergantung pada tuntutan kebutuhan.

Menurut Mego salah satu produk yang dapat diukur melalui metrologi biologi kemungkinan besar adalah produk buah-buahan.

"Tapi kalau masalah buah itu mengandung bahan-bahan insektisida, itu masih masuk ke dalam kategori metrologi kimia," ujar dia.

(M048)



» Arsip
» Diakses : 5 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment