Monday, September 16, 2013

PERKUAT KERJASAMA, LIPI TANDATANGANI MOU DENGAN KEMENKOMINFO

Perkuat Kerjasama, LIPI Tandatangani MoU dengan Kemenkominfo
Selasa, 17 September 2013

(Jakarta, 16 September 2013 Humas LIPI) Bertempat di Auditorium Binakarna, Hotel Bidakara, Jakarta, Kepala LIPI Prof. Dr. Lukman Hakim menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang Penelitian dan Pengembangan serta Pendidikan dan Pelatihan di Bidang Komunikasi dan Informatika dengan Menteri Komunikasi dan dan Informatika RI Tifatul Sembiring pada Senin (16/9) lalu.

Ruang lingkup dalam Mou ini meliputi penelitian dan pengembangan, pengkajian kebijakan, pengembangan sumber daya manusia, dan kegiatan-kegiatan lain yang disepakati bersama di bidang komunikasi dan informatika.

LIPI sendiri merupakan lembaga pemerintah pertama yang secara konsisten mengimplementasikan interkoneksi total seluruh satuan kerjanya yang tersebar di seluruh Indonesia. Lebih jauh, pengelolaan jaringan LIPI dengan model matriks menjadi acuan banyak Kementerian/Lembaga lain di negeri ini. Saat ini, kapasitas total jaringan lokal dan internasional LIPI merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia selain Kementerian teknis besar seperti Kementerian Keuangan RI, ungkap Kepala LIPI Prof. Dr. Lukman Hakim dalam sambutannya.

Lukman menjelaskan LIPI juga menjadi salah satu pelopor diterapkannya prinsip good governance melalui rekrutmen CPNS secara online melalui aplikasi Sistem Informasi Penerimaan CPNS LIPI (SIPC LIPI) yang digunakan sejak tahun 2005. LIPI juga menginisiasi keterbukaan informasi publik melalui sistem layanan KIP Online sejak tahun 2010. Tahun 2007 LIPI membuka layanan ISSN Online untuk majalah ilmiah dan mendapatkan penghargaan internasional pada tahun 2009 di Paris. Layanan tersebut kini terintegrasi di portal SatuLayanan.net, tambah Lukman.

Selain itu, LIPI juga menjadi salah satu penggerak utama gerakan open-source dengan IGOS Nusantara, yang terus dikembangkan hingga saat ini. Bahkan sekarang, pengembangan tersebut memasuki era mobile device dengan BandrOs (Bandung Raya Operating System), yang baru saja diluncurkan pada HUT LIPI ke 46 beberapa waktu lalu. Tak hanya itu, LIPI terus mengembangkan dan menyempurnakan aneka perangkat lunak berbasis open source, serta bersama dengan Ditjen Aplikasi Telematika Kominfo sedang merumuskan distro open source nasional, paparnya.

Lukman mengungkapkan dalam bidang penetapan acuan waktu nasional, LIPI sebagai National Metrology Institute yang menjadi acuan satuan ukuran di Indonesia berupaya untuk segera melaksanakan hal tersebut bekerja sama dengan Kemkominfo. Hal itu mengingat beragam manfaat akan muncul seiring penetapan tersebut terutama terkait dengan sikronisasi waktu. Penetapan waktu untuk fasilitas transportasi (penerbangan, pelayaran, kereta api) dan sektor lainnya tentu akan berdampak besar bagi kehidupan masyarakat, khususnya regulasi yang sama untuk keseragaman waktu, tandasnya. (fz)



» Arsip
» Diakses : 32 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment