Thursday, September 19, 2013

MASALAH PAKAN JADI KENDALA PENGEMBANGAN SAPI

Masalah Pakan Jadi Kendala Pengembangan Sapi
Rabu, 18 September 2013

BOGOR - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan bahwa tantangan pembangunan peternakan menuju swasembada daging dan susu nasional sangat besar. Adapun salah satu poin penting pembangunan peternakan adalah masalah ketersediaan pakan berkualitas.

Hal ini didasari oleh analisis para pakar bahwa lahan penggembalaan dan HMT semakin terbatas, di sisi lain limbah pertanian dan agroindustry pertanian dan pangan sangat besar.

Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Siti Nuramaliati Prijono mengatakan, atas dasar itu LIPI berinisiasi membentuk Pusat Pengolahan Pakan Ternak Ruminansia (P3TR).

"P3TR ini diharapkan mampu menyediakan pakan ternak berkualitas berbasis limbah pertanian. Dan pada tahun ini P3TR telah diterima dan menjadi eselon III di bawah Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB," ungkap Siti di IPB International Convention Center, Botani Square Building, Rabu (18/9/2013).

Siti menambahkan, LIPI secara konsisten turut mengembangkan peternakan nasional, bekerja sama dengan Pemda Sumatera Barat membangun unit prosesing daging di Payakumbuh. "Saat ini sedang dalam proses instalasi dan Pemda telah membentuk UPT Rumah Potong Hewan," tambahnya.

Selain itu, LIPI juga mencoba menginisiasi membentuk Central Milk Testing Laboratory (CMT). CMT ini akan menjadi laboratorium pembanding dan diharapkan menjadi lembaga independen tidak hanya berpihak kepada peternak, juga dapat membantu Industri pengolahan susu (IPS) untuk mendapatkan bahan baku sesuai standar.

"Dewan Susu Nasional mengharapkan LIPI mampu menjadi pihak ketiga yang memiliki otoritas dalam menganalisa susu," tutupnya.



» Arsip
» Diakses : 25 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment