Wednesday, September 25, 2013

PUNCAK ACARA PERINGATAN HUT KE-46 LIPI

Puncak Acara Peringatan HUT ke-46 LIPI
Rabu, 25 September 2013

Ketua Panitia yang juga Kepala Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2SMTP)-LIPI, Dr. Ir. PujiWinarni, M.A. melaporkan bahwa, peringatan HUT ke-46 LIPI tahun ini masih bertepatan dengan suasana hari kemenangan setelah berpuasa penuh di bulan Ramadan. Tema peringatan tahun ini adalah Bakti LIPI untuk Negeri. Sejalan dengan reformasi birokrasi (RB) yang dilakukan LIPI, sehingga dapat dipahami sebagai upaya melakukan perubahan guna meningkatkan kinerja organisasi. Dengan demikian LIPI akan mampu mewujudkan dirinya menjadi center of excellence.

Salah satu acara pada Ulang Tahun yang ke-46 LIPI dilakukan penyerahan sertifikat ISO 9001: 2008 dari LSSM kepada dua satuan kerja LIPI, yaitu Pusat Penelitian Oseanografi dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Eka Karya Bali. Dengan demikian sampai dengan tahun 2013 telah terdapat sembilan unit kerja LIPI yang mendapatkan sertifikat SMM ISO 9001: 2008 dan empat laboratorium pengujian/kalibrasi terakreditasi SNI-ISO/IEC 17025: 2008 di bawah bimbingan teknis P2SMTP-LIPI. Hal ini membuktikan bahwa LIPI sangat serius dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan standar nasional dan internasional yang sekaligus merupakan bagian dari implementasi RB di lingkungan LIPI.

Pada kesempatan HUT yang ke-46 LIPI, Kepala LIPI, Prof. Dr. Lukman Hakim, M.Sc. mengajak seluruh sivitas LIPI untuk melakukan refleksi dan mengambil hikmah dari apa yang sudah dilakukan. Hal ini guna terus memperbaiki dan meningkatkan prestasi, agar posisi LIPI sebagai salah satu lembaga riset berkelas dunia dapat terjaga, dan bahkan dapat semakin meningkat.

Dalam rangkaian puncak acara ini telah dilakukan pula penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara LIPI dengan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) RI. Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian PU, Dr. Ir. M. Basuki Hadimulyono, M.Sc.yang mewakili Meteri PU menyampaikan bahwa, MoU Kementerian PU dengan LIPI bukan yang pertama dilakukan dalam rangka pengembangan kebun raya. Kementerian PU telah banyak melakukan kegiatan-kegiatan mendukung LIPI memelihara kebun-kebun raya, kemudian dilanjutkan dengan penyusunan masterplan untuk dukungan kebun raya di Indonesia.

Melalui MoU ini mengeluarkan komitmen kita bersama LIPI dan Kementerian PU untuk mengembangkan kebun-kebun raya . Untuk itu Kementerian PU siap mendukung dari segi sarana dan prasana kebun raya di Indonesia yang diharapkan di setiap provinsi mempunyai satu kebun raya.

Dengan MoU ini dapat lebih mempererat kerja sama dalam rangka mengembangkan ruang terbuka hijau dalam bentuk kebun raya, dan berharap menambah fungsi ekologi kebun raya selain flora dan fauna.

Mou lainnya juga dilakukan antara LIPI dengan Direktur Utama PT. Riset Perkebunan Nusantara (RPN). Direktur Utama PT. RPN, Dr. Didik Hajarjunadi, M.Sc. , menyampaikan, bahwa dalam momen ini, mudah-mudahan menjadi tonggak merubahnya LIPI dalam membangun penelitian di Indonesia. Berharap LIPI dapat menangani peneliti di Indonesia, bukan hanya Peneliti Pegawai Negeri Sipil (PNS), karena LIPI menyandang nama Indonesia, bukan PNS.

Dalam puncak acara HUT LIPI ini dilakukan pula penyerahan hasil Penelitian Kompetitif LIPI berupa Kendaraan Bertenaga Listrik (KBL) dari Kepala Pusat Penelitian Telimek-LIPI kepada Wakil Kepala LIPI dan diteruskan kepada Kepala LIPI, yaitu berupa Electric Bus.Pada kesempatan yang sama pula telah dilakukan Soft launching kendaraan tersebut oleh Bapak Menteri Negara Riset dan Teknologi, Prof. Dr. Ir. H. Gusti Muhammad Hatta serta melakukan uji coba dengan mengendarai Electric Car berkeliling di dalam Kawasan Puspiptek yang nampak sangat puas terhdap hasil kerja peneliti LIPI tersebut.

Selain dalam sambutannya, Menristek menyatakan , Saya beserta jajaran Kemenristek mengucapkan selamat ulang tahun yg ke-46 Kepada LIPI, pimpinan beserta jajarannya yg sudah kita kenal dan diketahui bersama tetap semakin jaya. dalam penyampaian Menristek.

LIPI mempunyai wibawa tersendiri karena SDM-nya yg berkualitas. Karya-karya yang dihasilkan semakin dicintai masyarakat Indonesia. Terpenting semakin dewasa, semakin terlihat kiprahnya. Bapak Menteri berpesan agar menjaga konsistensi, menjaga kekompakan sehingga kebersamaan terasa sekali, dan LIPI semakin maju di antara jajarannya dan semakin makmur.

Dalam membina hubungan kerja sama dan pelayanan LIPI kepada pelanggan, dalam HUT LIPI telah diberikan pula penghargaan dari LIPI kepada beberapa pelanggan sesuai dengan jenis/bidang layanannya.

Acara lainnya meliputi Peluncuran Ponsel Berbasis bandrOS dan juga pementasan kreasi seni dari keragaman keluarga, dan Dharma Wanita Persatuan LIPI. Acara di tutup dengan penyerahan penghargaan, yaitu (1) Inventor Award, (2) Karya Siswa LIPI 2013, (3) Penghargaan bagi Tim Penyusun Laporan Keuangan dan LAKIP, (4) Satyalancana Wira Karya, (5) Satyalancana Pembangunan, (6) Satya Lencana Karya Satya, (7) Satyalancana karya Satya.



» Arsip
» Diakses : 13 kali
» Dikirim : 0 kali


View the Original article

No comments:

Post a Comment