Tuesday, September 3, 2013

SEMBILAN SIVITAS LIPI RAIH TANDA KEHORMATAN DARI PRESIDEN

Sembilan Sivitas LIPI Raih Tanda Kehormatan dari Presiden
Senin, 2 September 2013

(Tangerang Selatan, 26 Agustus 2013 Humas LIPI). Sebanyak sembilan orang sivitas LIPI mendapatkan tanda kehormatan dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 54/TK/Tahun 2013, Presiden RI memberikan tanda kehormatan Satyalancana Pembangunan sebagai penghargaan terhadap jasa-jasa mereka bagi negara dan masyarakat dalam pembangunan negara, khususnya dalam pembangunan bidang ilmu pengetahuan.

Ketujuh sivitas LIPI yang mendapat Satyalancana Pembangunan adalah Prof. Dr. Ir. Bambang Subiyanto, M. Agr. Kepala Pusat Inovasi LIPI ini berhasil mewujudkan pembangunan Gedung Inovasi LIPI melalui pengembangan alih teknologi hasil litbang LIPI dan berhasil mengembangkan litbang LIPI dalam strategi pengembangan di bidang biomaterial dan inovasi.

Nama berikutnya adalah Prof. Dr. Tukirin Partomihardjo dari Pusat Penelitian Biologi LIPI. Dirinya berhasil mengungkap keanekaragaman flora dan tipe eksostem Indonesia di Lampung, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur,Kalimantan Tengah, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Maluku.

Selanjutnya adalah Darwin, M.Sc, Kepala Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, inisiator program Iptek Daerah. Lewat skema ini, daerah berhasil meningkatkan tingkat ekonomi UMKM melalui pemanfaaatn iptek sehingga meningkatkan ekonomi daerah.

Kesuksesan Program Nasional Konversi Energi Minyak Tanah ke Gas tidak bisa dilepaskan dari kprah Dr. Ir. Puji Winarni, M.A. Kepala Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI ini berhasil mengurangi subsidi negara triliunan rupiah dengan mendorong laboratorium P2 SMTP untuk melakukan sertifikasi industri kompor gas yang dapat dipertanggungjawabkan mutunya.

Berikutnya, Dr. Hiskia dari Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi LIPI. Dirinya berhasil mengembangkan Radar Pengawas Pantai yang menjadi instrumen strategis pertahanan maritim. Dirinya juga mengembangkan Sistem Pemantauan Kualitas Air Tambak Udang yang dimanfaatkan petambak di Jawa Timur dan Lampung.

Ir. Abdul Hapid dari Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik berhasil mengembangkan kendaraan listrik mobi dan bus yang menjadi solusi penghematan BBM dan pengurangan polusi.

Dan terakhir adalah Dr. Puspita Lisdiyanti, M.Agr dari Pusat Penelitian Bioteknologi yang berhasil mengungkapkan jenis baru mikroba yang merupakan kekekayaan keanekaragama hayati.

Selain memberikan tanda kehormatan Satyalancana Pembangunan, Presiden juga memberikan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya kepada dua orang sivitas LIPI atas darma baktinya yang besar terhadap negara dan bangsa Indonesia sehingga dapat dijadikan teladan masyarakat.

Keduanya adalah Dr. Diaz Djaja Santika dan Dr. Sarjiya Antonius. Diaz yang merupakan Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian LIPI berperan aktif dalam upaya penataan sistem manajemen SDM yang kompatibel dengan kebutuhan program Reformasi Birokrasi LIPI, diantaranya melalui program e-recruitment dan Sistem Penilaian Kinerja Pegawai berbasis elektronik.

Sedangkan Dr. Sarjiya Antonius adalah peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI yang berperan aktif memajukan ilmu mikrobiologi, terutama lewat mikroba Beyonic (Beyond Organic), lewat tulisan hasil penelitian yang dijadikan bahan referensi baik oleh peneliti nasional maupun internasonal. (fz)



» Arsip
» Diakses : 116 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment