Monday, September 2, 2013

LIPI: KREDIBILITAS METROLOGI DONGKRAK PRODUK NASIONAL

LIPI: KREDIBILITAS METROLOGI DONGKRAK PRODUK NASIONAL
Senin, 2 September 2013

Oleh Maria Rosari

Jakarta, 27/8 (Antara) - Wakil Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Djusman Sajuti menyatakan bahwa kredibilitas metrologi (pengukuran) di Indonesia memiliki peran penting untuk mendongkrak daya saing produk nasional di pasar global.

"Penting untuk meningkatkan infrastuktur metrologi karena hal tersebut tentu akan meningkatkan kredibilitas metrologi, seiring meningkatkan daya saing produk-produk Indonesia di perdagangan global," katanya pada pembukaan Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Kalibrasi Instrumentasi dan Metrologi di Puspiptek Tangerang Selatan, Selasa.

Ia mengemukakan kredibilitas pengukuran di Indonesia dapat ditingkatkan melalui pengelolaan metrologi secara terpadu dan memiliki kepastian hukum serta jaminan kebenaran sistem, mulai dari tatanan masyarakat hingga standar nasional dan internasional.

"Keberadaan LIPI melalui Pusat Penelitian Kalibrasi Instrumentasi dan Metrologi (P2KIM) berupaya menjamin kesinambungan sistem penyelenggaraan metrologi di forum internasional," kata Djusman.

Ia mengemukakan bahwa hal tersebut sejalan dengan arah kebijakan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) yang meminta negara-negara anggotanya, termasuk Indonesia, untuk menghilangkan non-tarif perdagangan.

Hal itu, katanya, merupakan syarat agar regulasi teknis nasional dalam bidang pengukuran harus transparan dan tidak diskriminatif terhadap semua pihak yang terlibat dalam transaksi komersial.

"Dengan melihat tingginya dinamika situasi tersebut, hal terpenting yang harus dilakukan adalah penguatan infrastruktur metrologi sebab kualitas produk nasional sangat tergantung pada proses pengukuran yang dilakukan," kata Djusman.

(M048)



» Arsip
» Diakses : 13 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment