Monday, September 2, 2013

2014, LABORATORIUM METROLOGI KIMIA LIPI SIAP DONGKRAK DAYA SAING PRODUK NASIONAL

2014, Laboratorium Metrologi Kimia LIPI Siap Dongkrak Daya Saing Produk Nasional
Senin, 2 September 2013

(Tangerang Selatan, 2 September 2013 Humas LIPI). Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) saat ini tengah mengembangkan laboratorium metrologi kimia. Keberadaan laboratorium tersebut sekarang dalam tahap pembangunan.

Dr. Mego Pinandito, M.Eng, Kepala Pusat Penelitian Kalibrasi Instrumentasi dan Metrologi (P2 KIM) LIPI mengungkapkan bahwa laboratorium baru metrologi kimia sudah mulai bisa digunakan pada awal tahun 2014. Keberadaan laboratorium tersebut siap digunakan untuk mendongkrak daya saing produk nasional.

Tahun ini mungkin selesai dan awal tahun depan baru siap untuk digunakan. Gedungnya kini tengah dibangun, fondasi dan kerangkanya sudah selesai, tuturnya kepada para wartawan di sela-sela acara Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Kalibrasi, Instumentasi, dan Metrologi (PPI-KIM) Ke-39 yang bertajuk Penguatan Infrastruktur Metrologi untuk Meningkatkan Keberterimaan Produk Nasional di Perdagangan Global, Selasa (27/8) lalu.

Ia menjelaskan, latar belakang pembangunan laboratorium metrologi kimia adalah kebutuhan para peneliti untuk gedung laboratorium yang lebih besar, sehingga pihaknya kemudian memutuskan untuk membangun gedung baru yang bertempat di kawasan Puspiptek Tangerang Selatan Banten. "Dengan fasilitas laboratorium metrologi kimia yang baru, para peneliti akan lebih mampu melakukan penelitian, pengembangan, dan material referensi," ujarnya.

Dikatakannya, fasilitas laboratorium metrologi kimia yang baru diharapkan memberikan manfaat dan keuntungan dalam pengembangan penelitian metrologi kimia yang kini sedang berjalan. Pihaknya akan terus mengembangkan metrologi dan meningkatkan infrastruktur metrologi untuk mendongkrak daya saing produk nasional, terutama di pasar global nanti. "Terkait dengan proses Asean Community 2015, pasarnya nanti akan menjadi satu. Kita harus mempersiapkan dari hal dasar seperti pengukuran (metrologi)," tandas Mego.

Kredibilitas Metrologi

Dr. Djusman Sajuti, Wakil Kepala LIPI menekankan bahwa kredibilitas metrologi (pengukuran) di Indonesia memiliki peran penting untuk mendongkrak daya saing produk nasional di pasar global. kredibilitas pengukuran di Indonesia dapat ditingkatkan melalui pengelolaan metrologi secara terpadu dan memiliki kepastian hukum serta jaminan kebenaran sistem, mulai dari tatanan masyarakat hingga standar nasional dan internasional, tandasnya.

Ia menambahkan, arah kebijakan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) telah meminta negara-negara anggotanya, termasuk Indonesia, untuk menghilangkan non-tarif perdagangan. Hal itu merupakan syarat agar regulasi teknis nasional dalam bidang pengukuran harus transparan dan tidak diskriminatif terhadap semua pihak yang terlibat dalam transaksi komersial. (pw)



» Arsip
» Diakses : 55 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment