Saturday, September 21, 2013

BALITBANG RIAU DAN LIPI KEMBANGKAN TANAMAN SORGUM

Balitbang Riau dan LIPI Kembangkan Tanaman Sorgum
Jumat, 20 September 2013

Pekanbaru, InfoPublik Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Riau, bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), telah mengembangkan tanaman Sorgum karena jenis tanaman tersebut dapat dijadikan bahan energi alternatif.

Tanaman Sorgum tersebut, sempat ditampilkan di stand Balitbang Prov Riau dalam Riau Expo, yang saat ini sedang berlangsung di Pekanbaru.

Mengenai pengembangan tanaman Sorgum tersebut, disampaikan oleh Adityo Wicaksono, staf Pusat Inovasi LIPI, dalam wawancara dengan mediacenter@riau.go.id, di Arena Riau Expo 2013 Bandar Seni Raja Ali Haji atau Purna MTQ Jalan Jenseral Sudirman Pekanbaru, Kamis (19/9).

Dijelaskan Adityo Wicaksono, kedepannya minyak bumi yang merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui akan habis, dan harus mencari energi alternatif yang murah dan ramah lingkungan, salah satu di antaranya adalah bioetanol dari tanaman sorgum.

Adittyo Wicaksono menambahkan tanaman Sorgum yang tingginya bisa mencapai 5 meter ini hampir sama dengan tebu, airnya digunakan untuk sumber bio etanol, sedangkan ampasnya untuk pakan ternak.(MC Riau/Tri/toeb)



» Arsip
» Diakses : 28 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment