Friday, September 13, 2013

KUNJUNGAN MAHASISWA POLITEKNIK BANDUNG KE BPPT

Category: Berita Layanan Info Publik

Sebagai salah satu langkah dalam pemasyarakatan Iptek ke masyarakat, juga untuk menumbuhkan ketertarikan terhadap Iptek di kalangan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, BPPT menerima kunjungan dari Mahasiswa Politeknik Bandung Program Studi Teknik Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro  pada 12 September 2013.

Pada kesempatan ini, selain diberikan pemaparan singkat mengenai BPPT juga diberikan penjelasan mengenai teknologi yang aktual  di tanah air, yakni mengenai pemanfaatan teknologi terbarukan serta pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di BPPT.

Adapun sebagai narasumber pada kesempatan ini adalah Ferdi Armansyah dari  Pusat Teknologi Konversi dan Konservasi  Energi (PTKKE-BPPT) serta Kepala Bidang Sistem Komunikasi Multimedia, PTIK-BPPT, Kelik Budiana.

Pada paparannya Ferdi menjelaskan tentang Pengembangan Teknologi Kelistrikan untuk Pemanfaatan Energi Terbarukan, ia mengatakan bahwa banyak pihak di Indonesia ini yang sudah concern di bidang kelistrikan. “Banyak pihak yang sudah bekerja. Isu listrik dengan bahan bakar fosil dalam waktu 15 tahun kedepan diperkirakan akan sulit di dapat. Untuk mengantisipasinya BPPT membuat  perencanaan energi, pemetaan permasalahan energy sampai dengan implementasi pemanfaatan energi terbarukan dengan segala tantangannya,” terang Ferdi.

Pada sesi kedua, Kelik Budiana menjelaskan bahwa agenda pengembangan TIK di BPPT  memiliki tiga misi; pertama, meningkatkan daya saing produksi, jadi harapannya semua produk BPPT dapat memacu industri untuk bersaing sehingga industri luar negeri tidak semena-mena datang ke Indonesia. Kemudian meningkatkan pelayanan publik, dan yang berikutnya adalah kemandirian bangsa .

Adapun kunjungan mahasiswa ini dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang berlangsung dengan antusiasme mahasiswa yang tinggi. Melalui kegiatan semacam ini juga  diharapkan dapat menarik minat dan kecintaan mahasiswa terhadap Iptek, serta menumbuhkan budaya Iptek di kalangan mahasiswa di tanah air.



View the Original article

No comments:

Post a Comment