Thursday, September 19, 2013

KAPAL RISET BARUNA JAYA IV TURUT BERPARTISIPASI DI SAIL KOMODO 2013

Category: Berita Layanan Info Publik

Dalam rangka memadukan pemanfaatan potensi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjadikan Propinsi Nusa Tenggara Timur, khususnya Pulau Komodo sebagai daerah tujuan wisata nasional dan internasional, pada tahun ini telah dilaksanakan penyelenggaraan Sail Komodo yang acara puncaknya dilangsungkan di Pantai Pede Labuan Bajo pada 14 September 2013. Acara puncak Sail Komodo 2013 dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Pada kegiatan Sail Komodo 2013 ini, berbagai kegiatan lintas kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah telah ditetapkan dan menjadi bagian keberhasilan program pemerintah, khususnya mendukung Propinsi Nusa Tenggara sebagai destinasi utama pariwisata dunia. Sebagaimana kegiatan Sail Nasional terdahulu, Balai Teknologi Survei Kelautan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) juga ikut berperan aktif dalam rangkaian acara kegiatan Sail Nasional.  Dalam Sail Komodo 2013, Kapal Riset (KR) Baruna Jaya IV berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Ekspedisi Ilmiah Kelautan Sail Komodo 2013. Selain mensukseskan tujuan Sail Komodo 2013, di sisi lain momentum ini juga dapat membangkitkan semangat bahari dengan meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia dalam mengelola dan mengamankan kekayaan sumberdaya melalui penguasaan IPTEK kelautan. Tujuannya antara lain adalah untuk mewujudkan Negara kelautan yang kuat, mandiri dan jaya serta meningkatkan wawasan kelautan bagi generasi muda secara dini khususnya siswa sekolah dan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Sail komodo 2013 dilaksanakan berdasarkan KEPRES No. 8 Tahun 2013. Pada Sail Komodo 2013, BPPT duduk dalam struktur organisasi kegiatan dengan peran sebagai wakil ketua yang diwakili oleh Deputi Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam (TPSA) BPPT. Pada acara puncak sail komodo yang dihadiri oleh presiden SBY, KR Baruna Jaya IV BPPT diberikan kesempatan untuk melakukan Sailing Pass dihadapan Presiden Republik Indonesia. Pada hari yang sama, Kapal Baruna Jaya IV melanjutkan kegiatan survey ilmiah kelautan di sekitar Pulau Komodo yang meliputi survey pengamatan data suhu, salinitas, kedalaman air laut, pemetaan regional, kandungan plankton, potensi untuk energi arus laut, pengambilan sampel radionuklida dan karakteristik antara sedimen dan batuan dasar.

Ekspedisi Ilmiah Kelautan Sail Komodo 2013 dengan KR Baruna Jaya IV diikuti 31 peserta dari Balai Teksurla BPPT, TNI AL, BATAN, UNDIP, ITB, UNPAD, IPB dan UNHAS. Sedangkan kru KR Baruna Jaya IV terdiri dari 18 orang. Rute perjalanan KR Baruna Jaya IV di mulai dari pelabuhan Bojonegara - Laut Jawa - Labuhan Bajo - Pulau Alor – Pulau Komodo – Pelabuhan Bima – Laut Jawa – Bojonegara selama 20 hari layar.



View the Original article

No comments:

Post a Comment