Wednesday, September 25, 2013

KUNJUNGAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Kunjungan Universitas Negeri Semarang
Rabu, 25 September 2013

Keluarga besar Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang diwakili oleh program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK), Fakultas Teknik, dan didampingi oleh enam dosen pembimbing mengadakan kunjungan ke Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2SMTP LIPI), yang diwakili oleh Ade Khaerudin Taufik, M.Si.

Agus Suryanto, Selaku Sekretaris Jurusan (Sekjur) UNNES mengucapkan terima kasih, senang dapat diterima dengan luar biasa. Rombongan yang datang adalah Program studi (prodi) di Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer yaitu Fakultas Teknik Jurusan Elektro, dengan tiga Prodi: Fakultas Mekanik, Prodi Teknik Elektro, dan D III Teknik Elektro angkatan 2011.

Sekjur UNNES menyatakan bahwa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di P2SMTP-LIPI adalah bagian dari mata kuliah yang bertujuan memberikan study langsung, baik yang ada di kampus, atau dengan teknologi yang berkembang di lapangan. Diharapkan dari KKL, para mahasiswa banyak belajar, banyak menimba pengetahuan tentang Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian yang sangat berkaitan dengan bidang teknologi yang ada di UNNES.

UNESS sudah masuk ISO 9000 sehingga banyak dikaji dengan hal yang berkaitan dengan sistem penjaminan mutu. UNNES berharap para mahasiswa berkesempatan untuk dapat kerja praktik, observasi, kebutuhan referensi, pengujian, tugas akhir, atau kerja sama selanjutnya.

Dalam sambutan selamat datang, Ade Khaerudin Taufiq, M.Si. mengenalkan secara singkat Kawasan Puspiptek, yaitu Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang merupakan kawasan pusat penelitian terbesar di Indonesia dimana didalamnya terdapat beberapa lembaga penelitian terkemuka di Indonesia, seperti LIPI, BPPT, BATAN dan Pusarpedal. Beliau menjelaskan satuan kerja LIPI yang berada di kawasan ini dan khususnya P2SMTP. LIPI tidak hanya di Jakarta, tapi ada di Banten, Cibinong, Bogor, Bandung, Purwodadi, Gungung Kidul, Kebumen, dan juga di beberapa wilayah Indonesia seperti Sumatera, Sulawesi, bahkan hingga di Papua. LIPI berada di tempat yang berpotensi untuk dikembangkan dan diteliti lebih lanjut. Lebih lanjut, Ade Khaerudin menginformasikan contoh keterbukaan LIPI yang diwakili P2SMTP untuk bekerja sama dengan Perguruan Tinggi. Pada tanggal 21 s.d. 24 Oktober P2SMTP-LIPI akan bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Jawa Timur, yaitu: Universitas Airlangga, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Brawijaya, dan Politeknik Negeri Malang dan beberapa unit litbang kementerian untuk penyelenggaraan Annual Meeting on Testing and Quality (AMTeQ) ke 8.

P2SMTP bertekat untuk menjadi acuan nasional di bidang system mutu dan teknologi pengujian. Oleh karena itu, beberapa unit pelayanan jasanya telah mendapatkan sertifikasi dan akreditasi sesuai standar ISO yang terkait: (1). Laboratorium pengujian sudah diakreditasi oleh KAN sesuai SNI-ISO/IEC 17025. (2). Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 sudah disertifikasi oleh TUV Nord. (3). Lembaga Sertifikasi Personel sudah diakreditasi oleh KAN sesuai SNI-ISO/IEC 17024. Semuanya dilakukan untuk memberikan jaminan kepada masyarakat. P2SMTP LIPI selain melakukan penelitian, juga memberikan layanan kepada masyarakat berupa pelatihan, pengujian dan bimbingan teknis di bidang sistem mutu dan teknologi pengujian.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Teknologi Pengujian (Ka. BTP), Dr. Ir. Dini Andiani M.App.Sc., memaparkan tentang keunggulan dan daya saing Puslit khususnya dalam bidang teknologi pengujian. P2SMTP-LIPI melaksanakan pengujian berdasarkan penelitian yang terus berkembang di masyarakat dan dipersyaratkan oleh industri. Pemaparan pendahuluan ini kemudian diikuti dengan diskusi yang sangat hidup antara mahasiswa yang hadir dengan P2SMTP.

Dari hasil diskusi para peserta yang hadir, dapat dicatat beberapa hal sebagai berikut: Pertama: Sesuai namanya, Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian - LIPI melaksanakan (1) Penelitian dalam bidang Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian, tentang bagaimana pengaruh penerapan ISO 9001 terhadap kinerja suatu instansi,dan yang berkaitan dengan bidang- bidang kelistrikan dan efek elektromagnetik, (2) Pelayanan jasa Iptek dalam bidang Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian; Kedua: P2SMTP-LIPI terbuka untuk bekerja sama dalam bidang pengujian dengan industri, perguruan tinggi, peneliti, dan pihak lainnya selama terkait dengan lingkup pengujian; Ketiga, selain LIPI juga ada lembaga penelitian-penelitian yang lain. Setiap kementerian mempunyai badan penelitian dan pengembangan (Litbang), dimana kajiannya bersifat kebijakan yang diperlukan di kementeriannya. Penelitian LIPI bersifat nasional karena tugas LIPI secara keseluruhan adalah bagaimana membantu pemerintah dalam perumusan kebijakan iptek secara nasional.

Setelah acara sambutan dan presentasi, rombongan UNNES melihat dan mengenal langsung fasilitas laboratorium pengujian P2SMTP-LIPI, seperti : laboratorium EMC, laboratorium pengujian Peralatan Kesehatan, dan laboratorium pengujian Peralatan Industri Rumah Tangga, yang didukung oleh laboratorium Kompor dan Regulator dan Laboratorium IP Code.



» Arsip
» Diakses : 11 kali
» Dikirim : 0 kali


View the Original article

No comments:

Post a Comment