Friday, June 21, 2013

PEMBANGUNAN KEBUN RAYA SAMBAS

Pembangunan Kebun Raya Sambas
Kamis, 20 Juni 2013

Menindaklanjuti MoU antara Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Sambas dengan Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor-LIPI yang telah ditandatangani beberapa waktu yang lalu, pihak PKT Kebun Raya Bogor yang diketuai langsung Ir. Mustaid Siregar, M.Si beserta Dr. Ir. Sudarmono selaku pendamping Kebun Raya Sambas, Dra Inggit Puji Astuti, M.Si dan Prita Ayu Permatasari, SP telah melakukan kunjungan kerja dan monitoring kegiatan di Kebun Raya Sambas, sejak 10 hingga 12 Juni lalu.

Sebelum melakukan kunjungan lapangan, rombongan melakukan rapat koordinasi di ruangan Kepala Bappeda Sambas, dihadiri Kepala Dishutbun, Kepala Dinas PU Bina Marga serta staf ahli Bupati Ir. H. Hasanusi, MM.

Pada kesempatan tersebut dipaparkan program-program yang telah dilaksanakan dalam rangka percepatan pembangunan Kebun Raya Sambas, terutama masalah pembangunan jalan akses dari jalan Negara menuju lokasi Kebun Raya Sambas yang secara detail akan dibahas bersama Kementerian PU Republik Indonesia hari ini, Jumat (14/6) di Bogor.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Sambas, Ir. H. Bulyamin, M.Si menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Tim dari PKT Kebun Raya Bogor-LIPI dan pihak-pihak terkait yang telah memberikan perhatian besar terhadap pembangunan Kebun Raya Sambas dengan harapan mudah mudahan berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Saat kunjungan lapangan ke lokasi Kebun Raya Sambas, rombongan didampingi Kabid. Kehutanan Dishutbun Kab. Sambas Ir. Basuki Rachmat, MM memonitor kegiatan yang sedang dilakukan di Kebun Raya Sambas dan memberikan arahan dan petunjuk kepada tim eksplorasi maupun tim detasering. Kegiatan Eksplorasi maupun Detasering merupakan kegiatan tahap kedua yang dilakukan oleh PKT Kebun Raya Bogor-LIPI yang didampingi oleh Tim Dishutbun Kab. Sambas.

Selanjutnya pihak PKT Kebun Raya Bogor diketuai langsung Ir. Mustaid Siregar, M.Si mengatakan tahun ini kita akan mulai proses pembangunan Kebun Raya Sambas yang dimulai dengan pembibitan yang nanti akan kita tanam di Kebun Rayanya berlokasi di Desa Sabung Kecamatan Subah, jenis tumbuhan yang akan ditanam sesuai dengan hutan Kalbar seperti Pohon Ulin, Meranti, Tengkawang dan sebagainya.

Kebun Raya ini adalah kawasan konservasi Tumbuhan yang memiliki koleksi tumbuhan terdokumentasian dan ditata berdasar pola klasifikasi taksonomi, bioregion, tematik atau kombinasi dari pola-pola tersbut untuk tujuan kegiatan konservasi, penelitian, pendidikan, wisata dan jasa lingkungan, ungkapnya.Potensi Sambas cukup besar terutama kebun sawit, kekayaan flora di Sambas begitu tinggi. Hutan akan mengalami ancaman, maka kita selamatkan potensi jenis-jenis asli pohon, dari kepunahan yang akan merugikan kita.

Ada 300 hektar lahan yang akan ditanam dengan bibit sebanyak 500 jenis pohon. Dengan adanya Kebun Raya Sambas, kita berharap selain hutan Sambas dapat terlindungi juga memberikan hal yang positif untuk kehidupan flora dan fauna Sambas, harapnya. (Probis)



» Arsip
» Diakses : 40 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment