Monday, June 17, 2013

LIPI: TEKNOLOGI MOLEKULER MAMPU PERBAIKI SWASEMBADA DAGING

LIPI: Teknologi Molekuler Mampu Perbaiki Swasembada Daging
Senin, 17 Juni 2013

Jakarta, GATRAnews - Salah satu Profesor Riset baru LIPI, DR. Endang Tri Margawati mengungkapkan perlunya perbaikan kualitas ternak dengan pendekatan teknologi molekuler yang saat ini sangat cocok diterapkan pada ternak sapi. Endang menjelaskan seleksi ternak secara konvensional telah banyak berkontribusi bagi penemuan ternak unggul dengan sifat tertentu.

Kemajuan ilmu bioteknologi melekuler saat ini telah berkontribusi lebih baik lagi bagi kemajuan komoditi ternak. "Dibandingkan dengan seleksi ternak secara konvensional, penerapan teknologi marker (teknik molekuler) akan lebih efektif dan efisien karena tidak melibatkan banyak populasi ternak dan tenaga lapang dalam proses pengujian," katanya di Jakarta, Jumat, (14/6).

Peneliti pusat penelitian Bioteknologi ini menuturkan pendekatan teknologi molekuler dinilai sangat cocok untuk mengatasi kelangkaan daging sapi yang belakangan ini terjadi di Indonesia. Ternak sapi yang terseleksi dengan sifat unggul selanjutnya dapat diberikan kepada peternak. "Bila ternak sapi meningkat, kebutuhan daging sapi nasional mampu tercukupi dengan baik, oleh karena itu kita nantinya tidak usah repot-repot untuk mengimpor daging dari negara lain untuk mencukupi konsumsi daging dalam negeri," tambahnya.

Teknologi molekuler disamping menjanjikan hasil dengan ketepatan yang tinggi mengingat tehnik analisisnya berbasis pada DNA, teknologi ini juga tidak memerlukan banyak tenaga kerja sehingga lebih efisien. Hal ini menjadi bukti bagaimana peran Bioteklogi dalam mendukung program swasembada daging sapi dan kerbau 2014.

Metode peningkatan mutu genetik dan populasi ternak sapi di Indonesia adalah dengan tekanan iptek dalam pengelolaannya. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu genetik adalah tersedianya bibit ternak unggul, dalam bidang ini LIPI sebagai lembaga berbasis riset terus berupaya menjadi pelopor dalam melakukan penelitian untuk memperoleh temuan baru guna mendukung progran swasembada daging nasional. (*/WN)



» Arsip
» Diakses : 11 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment