Wednesday, June 12, 2013

BPPT DORONG PENGEMBANGAN BUDIDAYA TERNAK KAMBING KABUPATEN TUBAN DAN BOJONEGORO

Category: Berita Teknologi Agroindustri & Bioteknologi

 "Kegiatan pengembangan budidaya ternak kambing ini diharapkan dapat membantu masyarakat peternak untuk menerapkan teknologi budidaya ternak kambing di Kabupaten Tuban dan Bojonegoro sehingga pengembangan populasi ternak kambing dapat dipercepat,” ungkap Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB), Listyani Wijayanti pada acara Pelatihan Teknologi Budidaya Ternak Kambing di Kabupaten Tuban dan Bojonegoro (5/6).

Teknologi budidaya ternak kambing yang dapat diaplikasikan adalah teknologi reproduksi, teknologi  kesehatan ternak serta teknologi pengolahan pakan dan formulasi bahan pakan alternatif berbasis sumber daya lokal.  

Seperti diketahui, Kabupaten Tuban dan Bojonegoro kaya akan limbah pertanian terutama hasil samping budidaya kacang tanah dan jagung.  Limbah ini sangat potensial untuk diolah menjadi pakan ternak yang memiliki nilai nutrisi yang  baik untuk ternak kambing. Melalui pelatihan ini diharapkan  potensi tersebut dapat dimaksimalkan sehingga pengembangkan budidaya ternak kambing menjadi lebih optimal.  Dalam hal ini, BPPT siap  berkolaborasi mendukung pengembangan budidaya ternak kambing tersebut melalui transfer teknologi dan konsultasi

Hal senada juga diungkap Koordinator Pelatihan, Herdis. Menurutnya sosialisasi teknologi budidaya kambing sangat penting untuk mengatasi masalah rendahnya produktivitas ternak kambing saat ini. Pengetahuan tentang teknologi reproduksi, pengolahan dan pengawetan pakan dan manajemen pemeliharaan yang benar menjadi kebutuhan peternak untuk meningkatkan produktivitas ternaknya.

“Sasaran kegiatan yang akan dicapai adalah peningkatan wawasan peternak mengenai tata laksana budidaya ternak kambing yang baik dan benar sehingga dapat meningkatkan produktivitas ternak kambing,” jelasnya.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 40 orang peserta yang mewakili peternak di wilayah Desa Tegalbang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban dan Desa Sumurcinde, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban serta Desa Tumbrasanom, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro. Hadir juga pada pelatihan tersebut  Direktur Pusat Teknologi Produksi Pertanian (PTPP), Nenie Yustiningsih, Kepala BPPT Engineering, YBS Satya Sananugraha, kelompok peternak Kabupaten Tuban dan Bojonegoro serta Tim Peternakan BPPT. (tab/humas)



View the Original article

No comments:

Post a Comment