Saturday, June 29, 2013

LIPI SIAPKAN KADER UNTUK TRANSFORMASI MENJADI LEMBAGA RISET MODERN

LIPI Siapkan Kader untuk Transformasi Menjadi Lembaga Riset Modern
Jumat, 28 Juni 2013

(Bogor, 28 Juni 2013 Humas LIPI). Perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi di tataran global perlu disikapi secara pro aktif oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Di usia yang menjelang 46 tahun dan tuntutan Reformasi Birokrasi, LIPI mempersiapkan langkah-langkah strategis pembenahan organisasi dan sumber daya manusia.

Pada tanggal 25-28 Juni 2013 di Cisarua Bogor, lembaga penelitian terbesar di Indonesia ini menyelenggarakan Leadership Development Program (LDP) dengan tema Leading to Change. Program ini diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari pejabat Eselon II dan III di lingkungan LIPI yang terseleksi ketat. Mereka dipersiapkan untuk menjadi agen perubahan dengan target pencapaian LIPI menjadi Lembaga Riset Modern.

Dr. Djusman Sajuti, Wakil Kepala LIPI dalam sambutan pembukaan mengharapkan, agar program yang sejalan dengan Reformasi Birokrasi LIPI ini dapat menghasilkan pemimpin yang berkomitmen atas visi dan misi organisasi, memiliki integritas, menjunjung tinggi kode etik serta melakukan berbagai perubahan secara efektif dan efisien. Seorang pemimpin juga harus berpikir jangka panjang, strategis dan mampu mengarahkan sumber dayanya untuk pencapaian tujuan organisasi, tegasnya, Selasa (25/6) lalu.

Dalam LDP kali ini, LIPI tidak hanya mengundang narasumber`dari Indonesia, namun juga para pakar dari Perancis dan mitra kerjasama LIPI. Salah satu nara sumber, Prof Bernard Cambou dari ENS Lyon pun mengapreasi para peserta yang sangat kritis dalam diskusi. Materi diskusi yang disampaikan, antara lain teknik negosiasi, sistem evaluasi, public-private partnership, case studies dan team management.

Tak hanya itu, yang menarik pula dari program leadership ini adalah setiap peserta secara teamwork harus menyusun Action Learning Project (ALP) yang mengkaji permasalahan program korporat dan memberikan rekomendasi solusi dalam bentuk Pilot Projects.

Dr. Syahrul Aiman, Ketua Penyelenggara Program LDP mengungkapkan, penyelenggaraan program ini pada tahun awal telah menghasilkan berbagai inisitif baru untuk meningkatkan produktivitas penelitian. Ia berharap LDP tahap sekarang juga dapat menghasilkan berbagai rekomendasi dan solusi atas permasalahan mendasar di LIPI sehingga mampu mencapai visinya.

Dengan mempersiapkan kader organisasi yang terencana dan terukur secara bertahap, lanjutnya, akan memudahkan LIPI dalam mempersiapkan estafet kepemimpinan dan mampu bertransformasi menjadi salah satu lembaga riset kelas dunia. (nt)



» Arsip
» Diakses : 75 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment