Tuesday, June 18, 2013

LIPI TEMUKAN ANGGREK RAKSASA

LIPI Temukan Anggrek Raksasa
Selasa, 18 Juni 2013

BATAM Tim eksplorasi Flora LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) menemukan tanaman sejenis anggrek berukuran besar atau anggrek raksasa, Grammatophyllum Speciosum Blume, di hutan Batam saat melakukan identifi kasi fl ora untuk kebutuhan Kebun Raya Batam.

Anggrek raksasa tersebut termasuk tanaman langka yang harus dilestarikan. Tim Eksplorasi LIPI, Yupi Isnaini, mengatakan anggrek raksasa dengan nama latin Grammatophyllum tersebut ditemukan di Hutan Lindung Sei Harapan Batam, di pokok pohon meranti. Hanya terdapat beberapa tanaman saja di area tersebut.

"Anggrek raksasa yang ditemukan di Batam hidup menumpang di pohon meranti dan termasuk tanaman langka," kata dia di Batam, Senin (17/6). Menurut Yupi, penemuan anggrek raksasa di hutan Batam termasuk mengejutkan karena hutan tersebut bukan habitat tanaman anggrek.

Untuk itu, LIPI akan mempelajari tanaman tersebut apakah sama dengan jenis anggrek yang tumbuh di daerah lain. Anggrek raksasa atau Grammathophyllum Speciosum Blume dikenal juga dengan giant orchid atau anggrek tebu karena perawakannya mirip dengan tanaman tebu. Anggrek ini merupakan tanaman langka yang tumbuh di habitat spesifi k. gus/N-1



» Arsip
» Diakses : 50 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment