Thursday, June 27, 2013

LIPI SIAP PIMPIN IMPLEMENTASI TEKNOLOGI NANO DI INDONESIA

LIPI Siap Pimpin Implementasi Teknologi Nano di Indonesia
Kamis, 27 Juni 2013

Jakarta, GATRAnews - Lembaga Iilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerjasama dengan Asian and Pasific Centre for Transfer of Technology (APCTT) of the United Nations Economic and Social Commisions for Asia and the Pasific (ESCAP) menyelenggarakan Workshop Nasional Nanoteknologi untuk memperkuat kapasitas manajemen penelitian, Rabu, (26/6).

Penyelenggaraan Workshop ini didasari pesatnya perkembangan nanoteknologi di Indonesia, khususnya di dunia industri belakangan ini. "Perkembangan nanoteknologi saat ini terbilang pesat seiring permintaan kebutuhan industri dalam berbagai bidang untuk menyuplai teknologi tersebut ke dalam produk industrinya," jelas Dr. Nurul Taufiqu Rochman selaku peneliti Nanoteknologi dari LIPI di Jakarta, Rabu, (26/6).

Nanoteknologi merupakan teknologi pada skala nanometer atau sepermilyar meter. Dengan menciptakan zat berukuran nano, maka sifat dan fungsi zat tersebut bisa diubah sesuai dengan yang diinginkan.

"Nanoteknologi merupakan lompatan teknologi untuk mengubah dunia materi menjadi lebih berharga dari sebelumnya," katanya.

Penerapan teknologi nano yang sangat signifikan terlihat dari perubahan bentuk komputer yang kini semakin ringkas, tidak hanya mengubahnya menjadi semakin ringkas tetapi menambah kemampuannya dan kapasitasnya meningkat luar biasa.

"Sehingga, hal tersebut memungkinkan penyelesaian progran-program raksasa dalam waktu singkat," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Inovasi LIPI, Prof. Dr. Bambang Subiyanto menuturkan, peneltian mengenai nanoteknologi di LIPI telah mendapatkan perhatian yang signifikan, oleh karena itu LIPI siap menjadi "Leading Institution" untuk implementasi nanoteknologi di Indonesia.

"Ke depan program-program LIPI diharapkan mengakselerasi perkembangan nanoteknologi dan berbicara di kancah dunia internasional," tuturnya.

Saat ini nanoteknologi telah membanjiri produk-produk kebutuhan masyarakat Indonesia mulai; pembuatan komputer, kosmetik, pupuk, bahan polimer, suplemen makanan, hingga ramuan herbal berteknologi nano. (*/WN)



» Arsip
» Diakses : 27 kali
» Dikirim : 0 kali



View the Original article

No comments:

Post a Comment